📢   📢   ⏩

12 Tips dan Cara Membuat Website Mobile Friendly

12 Cara Membuat Website Mobile Friendly

Apakah Anda telah memiliki website? Jika sudah, kini tibalah saatnya untuk mempelajari bagaimana membuat website Anda mobile friendly.

Langkah ini sangat krusial untuk mengoptimalkan website Anda sehingga dapat diakses dengan mudah melalui berbagai perangkat mobile.

Jika Anda sedang mencari panduan dalam membuat versi mobile untuk website Anda, maka Anda berada di tempat yang tepat.

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa setiap blogger atau pemilik website harus memiliki website mobile friendly. Selain dapat meningkatkan lalu lintas pengunjung, website yang dioptimalkan untuk perangkat mobile memberikan peluang yang lebih besar untuk unggul di tengah persaingan dengan kompetitor.

Mengapa Penting Memiliki Website Mobile Friendly?

Sejak munculnya smartphone dalam era komunikasi yang terus berkembang, mayoritas orang lebih memilih untuk mengakses internet melalui perangkat mobile. Alasannya cukup jelas, mereka dapat berselancar di internet kapan saja dan di mana saja.

Dari waktu ke waktu, jumlah pengguna ponsel terus meningkat. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika data terbaru menunjukkan bahwa sekitar 70% lalu lintas internet berasal dari smartphone dan perangkat mobile lainnya.

Persentase ini menjadi alasan kuat bagi Anda untuk mulai mempertimbangkan cara membuat website Anda responsif di perangkat selain komputer desktop.

Perangkat mobile tidak hanya berfungsi sebagai media penyedia informasi, tetapi juga menjadi perantara bagi 51% konsumen yang ingin mengetahui lebih banyak tentang brand baru dan produk yang mereka miliki atau yang akan mereka luncurkan.

Angka ini menunjukkan bahwa optimasi website untuk perangkat mobile memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan dan ekspansi bisnis Anda.

Lebih lanjut, sebanyak 89% orang akan merekomendasikan suatu brand jika mereka merasa puas dengan pengalaman browsing melalui smartphone yang disediakan oleh website brand tersebut.

Mengapa Sangat Penting untuk Memiliki Website yang Responsif?

Sebelum Anda dapat menciptakan website mobile friendly, penting untuk memahami bagaimana membuat website menjadi responsif.

Sebuah “website yang responsif” adalah website yang dapat merespons dengan optimal ketika pengguna mengakses halaman web melalui berbagai perangkat mobile.

Dengan kata lain, tidak peduli jenis perangkat apa yang digunakan untuk mengakses website, tampilan dan fungsi website akan tetap berjalan normal dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh dari memiliki website yang responsif:

1. Peningkatan Kualitas SEO

Tidak peduli perangkat apa yang digunakan untuk mengakses halaman web, desain website yang responsif akan tetap menggunakan URL dan HTML yang sama.

Pengaturan ini memudahkan Google untuk menjelajahi, mengindeks, dan mengelola konten website Anda dengan lebih mudah dan efisien. Sebagai hasilnya, kualitas SEO pada website Anda akan meningkat.

2. Tidak Perlu Membuat Desain Baru

Website yang sudah responsif tidak memerlukan desain baru untuk dapat diakses di perangkat mobile. Dengan kata lain, tampilan website akan tetap konsisten meskipun diakses dari berbagai perangkat yang berbeda.

Ini berarti Anda dapat menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu membuat desain baru untuk setiap perangkat.

3. Efisiensi Biaya dan Kemudahan dalam Pengelolaan

Website yang responsif menawarkan kemudahan dalam pengelolaan dan pengembangan. Jika ada elemen yang diubah atau diperbarui pada website, maka perubahan tersebut akan secara otomatis ditampilkan di semua jenis perangkat. Bisa dikatakan konten akan tetap konsisten dan seragam, tidak peduli apakah website diakses melalui PC, laptop, atau smartphone.

Lebih jauh lagi, website yang responsif dapat membantu Anda menghemat biaya operasional. Anda tidak perlu menghabiskan sumber daya untuk mengembangkan dan memelihara dua versi website yang berbeda untuk PC dan perangkat mobile.

Memiliki website yang responsif, Anda hanya perlu mengelola satu platform, yang secara otomatis akan beradaptasi dengan perangkat apa pun yang digunakan pengguna untuk mengaksesnya. Ini tentunya akan menghemat waktu, tenaga, dan biaya Anda.

12 Langkah Cara Membuat Website Mobile Friendly

Sebelum kita melanjutkan pembahasan ini, ada satu poin penting yang perlu Anda pahami. Untuk membuat versi mobile dari website Anda, Anda harus memiliki pengetahuan dan keterampilan teknis yang cukup.

Memang, belajar dan mencoba berbagai hal baru bisa menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan. Namun, mengoptimalkan website untuk perangkat mobile mungkin bukanlah tugas yang mudah bagi pengguna yang baru memulai.

Oleh karena itu, jika Anda masih baru dalam dunia optimasi website, kami sangat menyarankan Anda untuk mempertimbangkan untuk menyewa jasa seorang web developer profesional.

Berikut ini adalah 12 tips untuk membuat website mobile friendly:

1. Gunakan Tema yang Responsif

Langkah pertama dalam membuat website Anda mobile friendly adalah dengan menginstal tema website yang responsif. Tema memiliki dampak yang signifikan terhadap website Anda, baik dari segi performa website maupun pengalaman pengguna saat berkunjung.

Dari perspektif teknis, tema yang responsif dapat membantu mengurangi waktu loading. Hal ini karena Google tidak perlu melakukan pengalihan ke versi website yang dioptimalkan untuk perangkat mobile.

Kriteria tema yang sama juga membantu Googlebot dalam mengindeks halaman website Anda. Ini memiliki dampak langsung terhadap peringkat website Anda dalam hasil pencarian Google.

Dari sudut pandang pengalaman pengguna, instalasi tema yang responsif memudahkan pengguna untuk membagikan konten. Sebagai pemilik website, Anda hanya memiliki satu jenis URL yang berlaku secara konsisten di semua perangkat.

Jadi, jika pengguna membagikan URL dari versi mobile website Anda, URL yang sama dapat dibuka melalui desktop dengan tampilan yang sesuai dan optimal.

Jadi, sudah jelas bahwa instalasi tema responsif pada website Anda adalah suatu keharusan.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua tema adalah responsif. Sayangnya, beberapa tema hanya berfungsi sebagai dekorasi, dengan fokus utama pada peningkatan estetika website, bukan fungsionalitasnya.

Lalu, bagaimana kita bisa mengenali tema yang responsif?

Berikut adalah tiga kriteria utama yang harus Anda perhatikan:

  • Kemampuan untuk menyesuaikan tampilan web secara otomatis sesuai dengan perangkat yang digunakan
  • Memiliki desain dan tampilan website yang sederhana dan tidak rumit
  • Memiliki antarmuka pengguna yang intuitif, termasuk tombol, slider, dan form.

Untuk memudahkan proses pencarian, Anda bisa mencari tema responsif di WordPress Directory. Anda hanya perlu mengunjungi URL: https://wordpress.org/. Kemudian klik opsi Themes dan masukkan kata kunci “Responsive” di kolom pencarian.

Dengan demikian, Anda akan mendapatkan ribuan pilihan tema yang mobil friendly, yang bisa Anda gunakan secara gratis.

2. Mengubah Website Versi Desktop Menjadi Versi Mobile

Jika Anda saat ini sudah memiliki website versi desktop yang berfungsi penuh tetapi belum dioptimalkan untuk perangkat mobile, kini adalah waktu yang tepat untuk mengubah website Anda menjadi versi mobile.

Ada dua metode utama untuk melakukan konversi website, yaitu dengan menggunakan layanan konverter website online dan plugin CMS.

Memanfaatkan Layanan Konverter Website Online

Dua layanan konverter website online yang paling populer adalah bMobilized dan Duda Mobile.

bMobilized menawarkan konversi instan dengan penyesuaian gambar dan konten secara otomatis. Alat ini menjamin bahwa website yang telah dikonversi dapat diakses oleh lebih dari 13.000 perangkat mobile dari berbagai merek.

Untuk menggunakan layanan ini, Anda harus bersedia membayar biaya bulanan sebesar 19.99 USD. Selain melakukan konversi website ke versi mobile, bMobilized juga menyediakan dukungan profesional untuk para pengembang web.

Alternatif konverter website online lainnya yaitu Duda Mobile. Duda Mobile adalah konverter website online lainnya yang berfokus pada pembuatan website yang berfungsi dengan baik dan mobile friendly.

Anda dapat mulai menggunakan alat ini tanpa biaya. Namun, jika Anda menginginkan fitur premium, seperti dukungan email, domain kustom, dan layanan backup, Anda akan dikenakan biaya berlangganan sebesar 19 USD per bulan.

Duda Mobile juga menyediakan seperangkat fitur lanjutan untuk membantu pengguna dalam mengembangkan website e-commerce yang mobile friendly dan mendukung berbagai bahasa. Jika Anda tertarik dengan fitur ini, Anda akan dikenakan biaya berlangganan antara 22 USD hingga 46 USD per bulan.

Menggunakan Plugin CMS

Metode kedua untuk mengubah website versi desktop menjadi versi mobile adalah dengan menggunakan plugin.

Metode ini akan memberikan hasil yang lebih baik jika Anda sebelumnya sudah menggunakan platform CMS seperti Joomla, Drupal, atau WordPress.

Untuk pengguna WordPress, plugin CMS yang direkomendasikan adalah WPtouch dan Jetpack.

Sementara itu, untuk pengguna Joomla, plugin yang disarankan adalah Responsivizer dan JoomlaShine.

Dan terakhir, untuk pengguna Drupal, Anda dapat menginstal plugin ThemeKey atau MobileTheme.

Perlu diingat bahwa tidak semua plugin yang disebutkan di atas dapat digunakan secara gratis. Beberapa plugin menerapkan biaya berlangganan.

Misalnya, jika Anda memilih paket Enterprise untuk plugin WPtouch Pro, Anda akan dikenakan biaya hingga 359 USD per tahun.

3. Menu dibuat Simple

Ukuran layar desktop dan ponsel tentu sangat berbeda. Sementara desktop memiliki resolusi minimal 1080p, resolusi layar ponsel biasanya hanya 720p. Oleh karena itu, desain menu website untuk versi mobile perlu dibuat berbeda dari versi desktop.

SatuSEO Website Mobile Friendly Menu Dibuat Simple
Sumber Gambar: SatuSEO

Untuk menyederhanakan tampilan menu, ada beberapa prinsip yang perlu Anda terapkan:

  • Hanya tampilkan menu yang penting. Terlalu banyak menu dapat membuat pengunjung bingung dan kesulitan dalam menjelajahi website (fenomena decision paralysis);
  • Letakkan menu lainnya dalam collapsible navigation sidebar atau menu navigasi yang dapat disembunyikan;
  • Tulis call to action (CTA) dengan singkat dan jelas;
  • Buat tombol dalam ukuran yang besar agar mudah dilihat dan diklik;

Hindari penggunaan sidebar untuk konten. Konten yang ditempatkan di sidebar biasanya akan ditampilkan di bagian paling bawah halaman versi mobile.

Sebagai contoh terbaik, Anda bisa melihat website Pizza Hut Delivery. Di bawah ini, Anda bisa membandingkan tampilan website mereka dalam versi mobile dan desktop.

website Pizza Hut Delivery Versi Mobile

Pada versi mobile, menu Order Now dan Status Pesanan ditampilkan di bagian atas. Ini dilakukan dengan harapan bahwa pengguna siap untuk melakukan pemesanan melalui ponsel mereka.

Kemudian, menu makanan dan minuman ditempatkan di bagian bawah, tepat setelah slider yang berisi foto promosi. Meski ditempatkan di bagian bawah, deretan menu produk masih mudah diakses.

Tidak lupa, ada menu navigasi tersembunyi di pojok kiri atas. Menu navigasi ini berisi menu yang sama persis dengan yang ada di halaman depan website.

Meski demikian, navigasi ini bukanlah pemborosan ruang. Sebaliknya, navigasi ini berfungsi seperti breadcrumbs yang memudahkan pengguna untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya.

Pada versi desktop, tampilan website tampak lebih detail dan informatif. Menu Order Now tetap ditempatkan di bagian atas, namun posisinya berada di bagian kanan halaman.

Posisi ini membuat menu produk dan slider promosi menjadi lebih menonjol dan menarik perhatian. Dengan tampilan seperti ini, pengguna akan lebih tertarik untuk mengeksplorasi dan mengetahui lebih lanjut tentang berbagai produk yang ditawarkan oleh Pizza Hut Delivery.

4. Jangan Gunakan Flash

Sejumlah besar pengembang web telah memutuskan untuk ‘mengesampingkan’ Flash, dikarenakan alat ini membutuhkan konsumsi resource hardware yang berlebihan.

Hal ini bisa berdampak pada penurunan kecepatan respons halaman dan peningkatan waktu loading, yang tentunya dapat mengurangi kenyamanan pengguna.

Selain itu, penggunaan Flash juga dapat berdampak negatif terhadap kualitas SEO website Anda.

SEO atau Search Engine Optimization adalah faktor penting dalam meningkatkan visibilitas website Anda di mesin pencari, dan penggunaan Flash dapat menghambat proses ini.

Lebih jauh lagi, baik sistem operasi Android maupun iOS, keduanya tidak mendukung Flash. Oleh karena itu, jika Anda berkeinginan untuk membuat website yang mobile friendly, sangat disarankan untuk menghindari penggunaan software ini.

Mengingat pengguna mobile saat ini semakin banyak, website mobile friendly akan sangat membantu dalam meningkatkan jumlah pengunjung dan interaksi di website Anda.

5. Optimasi Kecepatan Website

Performa dan kecepatan website sangat tergantung pada kualitas server dan layanan hosting yang Anda gunakan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih layanan hosting yang terjangkau, cepat, dan dapat diandalkan, terutama jika Anda berencana untuk membuat versi mobile dari website Anda.

Untuk mendapatkan performa yang optimal, pertimbangkan untuk menggunakan layanan cloud Hosting atau paket VPS terbaik dari Hostinger. Kedua jenis layanan hosting ini menawarkan server berkecepatan tinggi yang dapat memastikan konten website Anda dimuat dengan cepat dan efisien.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan optimasi kecepatan website dengan membatasi atau mengurangi jumlah konten yang memerlukan plugin tambahan. Plugin tambahan dapat memperlambat waktu loading website Anda, jadi sebisa mungkin hindari penggunaan yang berlebihan.

Optimasi kecepatan website juga dapat dilakukan dengan memperbaiki tampilan dan fungsi beranda utama (homepage) Anda. Berikut adalah beberapa saran yang dapat Anda terapkan:

  1. Batasi jumlah postingan yang ditampilkan di halaman depan, idealnya antara 5-10 postingan.
  2. Hapus widget yang tidak perlu atau tidak digunakan.
  3. Hapus plugin yang tidak dibutuhkan, tidak aktif, atau tidak relevan dengan konten website Anda.
  4. Pastikan tampilan homepage Anda selalu rapi dan bersih.

Dengan menjaga tampilan homepage Anda tetap rapi dan bersih, website Anda tidak hanya akan terlihat lebih menarik, tetapi juga akan memiliki waktu loading yang lebih cepat. Ini akan meningkatkan pengalaman pengguna dan dapat berkontribusi positif terhadap peringkat SEO Anda.

Untuk lebih mendalam dalam memahami bagaimana cara mempercepat loading website dan mengoptimalkan performanya, Anda dapat kunjungi artikel berikut ini: https://www.satuseo.co.id/cara-mempercepat-website/ , yang membahas berbagai metode dan teknik yang efektif.

Dalam artikel tersebut, Anda akan menemukan berbagai cara yang telah terbukti berhasil dalam meningkatkan kecepatan website, yang tentunya akan sangat membantu dalam upaya Anda untuk menerapkan SEO yang efektif.

6. Gunakan Accelerated Mobile Pages (AMP)

Accelerated Mobile Pages (AMP) adalah sebuah inisiatif yang dipimpin oleh Google, yang bertujuan untuk meningkatkan kecepatan loading website pada perangkat mobile. Dengan AMP, waktu loading website dapat dipercepat secara signifikan.

Prinsip kerja AMP adalah dengan memanfaatkan teknologi cache. Cache digunakan untuk menyimpan data website di perangkat pengguna, sehingga ketika pengguna mengakses website tersebut lagi, data dapat dimuat dengan lebih cepat. Selain itu, AMP Cache juga dapat mengoptimalkan kinerja server dengan berbagai cara, antara lain:

  • Membatasi dimensi atau resolusi gambar, sehingga gambar dapat dimuat dengan lebih cepat.
  • Mengubah format gambar ke ukuran yang lebih sesuai untuk tampilan perangkat mobile, sehingga gambar dapat ditampilkan dengan lebih efisien.
  • Menurunkan kualitas gambar, yang dapat mempercepat waktu loading website tanpa mengorbankan pengalaman visual pengguna.
  • Mengamankan website dengan protokol HTTPS, yang dapat melindungi data pengguna dan meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap website Anda.

Accelerated Mobile Pages (AMP), sebuah proyek yang diprakarsai oleh Google, telah banyak diadopsi oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Twitter, New York Times, dan Adobe. Berikut ini beberapa alasan mengapa AMP menjadi sangat populer:

Mempercepat Waktu Loading Website di Perangkat Mobile

Menurut data dari Google, sekitar 53% pengguna perangkat mobile akan meninggalkan suatu website jika waktu loadingnya melebihi 3 detik. Keuntungan utama dari AMP adalah kemampuannya untuk mempercepat waktu loading website.

Dengan menerapkan teknologi ini, kecepatan website Anda dapat meningkat secara signifikan, sehingga mencegah hilangnya lalu lintas organik.

Meningkatkan Visibilitas Website di Antara Pengguna

Google memberikan penanda berupa simbol ‘petir’ pada website yang menggunakan AMP. Simbol ini ditampilkan di hasil pencarian pada perangkat mobile dan berfungsi untuk membedakan website yang mendukung AMP dengan yang tidak.

Simbol AMP yang muncul di hasil pencarian ini memberikan dampak positif dan peluang besar bagi website Anda. Website Anda akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna, karena semakin banyak pengguna yang mencari situs dengan simbol AMP untuk menghemat waktu mereka, mengingat website dengan AMP memiliki waktu loading yang lebih rendah.

Menggunakan Google AMP Cache untuk Meningkatkan Performa Server

Google AMP Cache adalah sebuah Content Delivery Network (CDN) berbasis proxy yang dirancang untuk memfasilitasi pengiriman dokumen AMP yang valid ke pengguna.

Dengan kata lain, Google AMP Cache berfungsi untuk menyimpan data website Anda, sehingga website Anda dapat dimuat lebih cepat dan menjadi mobile friendly.

Berikut adalah beberapa fitur unggulan dari Google AMP Cache yang dapat membantu meningkatkan performa server Anda:

  • Penyimpanan Data Gambar dan Font: Google AMP Cache dapat menyimpan data gambar dan font dari website Anda, sehingga data tersebut dapat dimuat dengan lebih cepat ketika pengguna mengakses website Anda.
  • Pembatasan Dimensi Gambar: Google AMP Cache dapat secara otomatis membatasi dimensi maksimum dari gambar yang ada di website Anda, sehingga gambar dapat dimuat dengan lebih efisien.
  • Konversi Format Gambar: Google AMP Cache dapat mengkonversi format gambar ke ukuran atau format yang lebih kecil dan cocok untuk perangkat mobile, sehingga gambar dapat ditampilkan dengan lebih efisien di perangkat tersebut.
  • Penurunan Kualitas Gambar: Google AMP Cache dapat menurunkan kualitas gambar untuk mempercepat proses loading, tanpa mengorbankan pengalaman visual pengguna.
  • Penggunaan Channel yang Aman dan Teknologi Protokol Web Terbaru: Google AMP Cache menggunakan channel yang aman (HTTPS) dan teknologi protokol web terbaru (seperti SPDY dan HTTP/2), sehingga data pengguna dapat ditransfer dengan aman dan efisien.

Dengan memanfaatkan Google AMP Cache, Anda dapat meningkatkan performa server Anda dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna website Anda.

7. Gunakan Meta Tag Viewport

Untuk membuat website mobile friendly, salah satu elemen penting yang harus Anda perhatikan adalah penggunaan Meta Tag Viewport. Meta Tag Viewport adalah instruksi yang diberikan kepada browser tentang cara menyesuaikan dimensi dan skala konten website Anda agar sesuai dengan layar perangkat yang digunakan.

Berikut adalah cara menggunakan Meta Tag Viewport untuk membuat website mobile-friendly:

  • Pengenalan Meta Tag Viewport: Meta Tag Viewport adalah tag HTML yang diletakkan di dalam elemen <head> pada halaman web Anda. Tag ini memberi tahu browser bagaimana mengontrol dimensi dan skala halaman web.
  • Penerapan Meta Tag Viewport: Untuk menerapkan Meta Tag Viewport, Anda perlu menambahkan kode berikut ke dalam elemen <head> pada halaman web Anda: <meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1">

Dalam kode di atas, width=device-width menginstruksikan halaman untuk mengikuti lebar layar perangkat dalam piksel CSS.

Memungkinkan halaman untuk menyesuaikan diri dengan lebar layar perangkat apa pun, baik itu smartphone, tablet, atau desktop. Sementara itu, initial-scale=1 mengatur level zoom awal saat halaman pertama kali dimuat oleh browser.

  • Pentingnya Meta Tag Viewport: Tanpa Meta Tag Viewport, website mobile Anda mungkin tidak akan ditampilkan dengan benar pada perangkat mobile.

Halaman mungkin terlihat terlalu kecil, atau terlalu besar, atau mungkin tidak sesuai dengan layar dengan benar. Dengan Meta Tag Viewport, Anda dapat memastikan bahwa halaman Anda akan ditampilkan dengan benar pada semua perangkat.

  • Optimasi Meta Tag Viewport: Selain pengaturan dasar, Anda juga dapat menambahkan nilai lain ke konten Meta Tag Viewport untuk mengendalikan fungsi lainnya.

Misalnya, Anda dapat menambahkan maximum-scale=1 untuk mengendalikan tingkat zoom maksimum, atau user-scalable=no untuk mencegah pengguna melakukan zoom.

Ingatlah bahwa membuat website mobile friendly adalah langkah penting dalam SEO. Dengan Meta Tag Viewport, Anda dapat memastikan bahwa website Anda tidak hanya terlihat bagus pada perangkat desktop, tetapi juga pada berbagai ukuran layar perangkat mobile.

8. Menggunakan Ikon yang Dapat Diklik

Membuat website mobile friendly tidak hanya melibatkan penyesuaian tampilan dan skala konten, tetapi juga melibatkan navigasi yang intuitif dan mudah digunakan.

Salah satu cara untuk mencapai ini adalah dengan menggunakan ikon yang dapat diklik. Berikut adalah cara menggunakan ikon yang dapat diklik untuk membuat website mobile friendly:

Pengenalan Ikon yang Dapat Diklik

Ikon yang dapat diklik adalah elemen grafis interaktif yang, ketika diklik atau ditekan, akan membawa pengguna ke bagian lain dari website Anda atau melakukan tindakan tertentu.

Ikon ini sangat penting dalam desain website mobile karena mereka memudahkan navigasi dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Penerapan Ikon yang Dapat Diklik

Untuk menerapkan ikon yang dapat diklik, Anda harus pertama-tama memilih ikon yang jelas dan mudah dikenali. Ikon ini harus mewakili fungsi atau tujuan mereka dengan jelas.

Misalnya, ikon keranjang belanja untuk halaman checkout, atau ikon hamburger untuk menu navigasi.

Setelah Anda memilih ikon, Anda perlu memastikan bahwa ikon tersebut cukup besar untuk dapat dengan mudah ditekan pada layar sentuh tanpa kesalahan. Sebagai pedoman, Google merekomendasikan ukuran target sentuh minimal 48 piksel CSS.

Selanjutnya, tambahkan ikon ini ke website Anda menggunakan HTML dan CSS, dan pastikan untuk menghubungkannya dengan halaman atau fungsi yang tepat menggunakan atribut href atau event handler JavaScript yang sesuai.

Pentingnya Ikon yang Dapat Diklik

Ikon yang dapat diklik memainkan peran penting dalam memastikan website Anda mudah digunakan pada perangkat mobile.

Mereka memungkinkan pengguna untuk dengan mudah berinteraksi dengan website Anda dan menemukan apa yang mereka cari dengan cepat dan efisien.

Optimasi Ikon yang Dapat Diklik

Selain memilih ikon yang tepat dan memastikan ukurannya sesuai, Anda juga harus mempertimbangkan posisi ikon. Ikon yang paling sering digunakan harus ditempatkan di area yang mudah dijangkau, seperti bagian bawah layar.

Anda juga harus memastikan bahwa ikon Anda tidak terlalu dekat satu sama lain untuk mencegah klik yang salah.

9. Mengatur Konten dengan Prioritas

Membuat website mobile friendly memerlukan penyesuaian konten agar sesuai dengan kebutuhan pengguna mobile.Salah satu strategi penting dalam hal ini adalah dengan mengatur konten berdasarkan prioritas.

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang cara melakukannya:

Mengenal Pengaturan Konten Berdasarkan Prioritas

Pengaturan konten berdasarkan prioritas adalah proses di mana Anda menentukan bagian mana dari website Anda yang paling penting bagi pengguna dan memastikan bahwa bagian tersebut mudah diakses dan ditemukan.

Ini berarti menampilkan konten yang paling relevan dan penting di bagian atas halaman atau dalam menu navigasi utama.

Cara Melakukan Pengaturan Konten Berdasarkan Prioritas

Pertama, Anda perlu menentukan konten apa yang paling penting bagi pengguna Anda. Ini bisa berupa informasi tentang produk atau layanan Anda, formulir kontak, atau mungkin artikel atau blog terbaru.

Setelah Anda menentukan konten prioritas, Anda perlu merancang layout website Anda sehingga konten ini mudah ditemukan dan diakses. Anda bisa melakukan ini dengan menempatkan konten di bagian atas halaman, atau membuatnya selalu terlihat dalam menu navigasi.

Mengapa Pengaturan Konten Berdasarkan Prioritas Penting

Dengan mengatur konten berdasarkan prioritas, Anda memastikan bahwa pengguna dapat dengan cepat dan mudah menemukan informasi yang mereka cari.

Ini sangat penting untuk pengalaman pengguna yang baik, yang pada gilirannya dapat meningkatkan peringkat SEO Anda. Selain itu, dengan menampilkan konten yang paling relevan dan penting terlebih dahulu, Anda juga dapat meningkatkan konversi dan keterlibatan pengguna.

Optimasi Pengaturan Konten Berdasarkan Prioritas

Selain menentukan dan menampilkan konten prioritas, Anda juga perlu memastikan bahwa konten ini disajikan dengan cara yang menarik dan mudah dipahami.

Gunakan elemen desain seperti judul dan subjudul yang jelas, gambar berkualitas tinggi, dan teks yang mudah dibaca untuk membuat konten Anda menonjol dan mudah dipahami.

10. Menghindari Pop-Up

Pop-up, meski tampaknya tidak berbahaya, sebenarnya bisa menjadi hambatan besar dalam pengalaman pengguna. Bayangkan, layar ponsel yang terbatas ukurannya malah dipenuhi oleh pop-up yang tidak diinginkan. Ini tentu saja bisa menjadi sumber frustrasi bagi pengguna.

Namun, masalahnya tidak berhenti di sana. Pop-up seringkali dirancang dengan tombol penutup (X) yang sangat kecil atau ditempatkan di area yang sulit ditemukan. Menambah tingkat frustrasi pengguna, membuat mereka merasa dua kali lebih terganggu.

Mengingat semua ini, tidak mengherankan jika menghindari penggunaan pop-up menjadi salah satu strategi penting dalam menciptakan website mobile friendly.

Dengan mengurangi atau bahkan menghilangkan pop-up, kita bisa memberikan ruang lebih bagi konten yang sebenarnya ingin kita sajikan kepada pengguna, sehingga mereka dapat menikmati pengalaman berselancar yang lebih nyaman dan menyenangkan.

11. Menggunakan Schema.org Markup

Schema.org Markup merupakan sebuah framework yang dirancang khusus untuk membantu mesin pencari dalam memahami konten yang ada di sebuah situs web.

Dengan dukungan dari raksasa teknologi seperti Google, Microsoft, Yahoo, dan Yandex, inisiatif ini memungkinkan pengembang web untuk memberikan data tambahan tentang konten mereka kepada mesin pencari, yang pada akhirnya dapat meningkatkan visibilitas dan performa SEO situs tersebut.

Berikut adalah beberapa manfaat konkret yang dapat diperoleh dari penggunaan Schema.org Markup dalam upaya membuat situs web lebih mobile friendly:

Peningkatan Rich Snippets

Schema.org memungkinkan Anda untuk memberikan data tambahan kepada mesin pencari mengenai konten situs Anda. Sebagai contoh, jika Anda memiliki situs web e-commerce, Anda dapat memanfaatkan Schema.org untuk memberikan informasi detil seperti harga produk, ketersediaan stok, dan ulasan pelanggan.

Informasi ini kemudian dapat ditampilkan dalam bentuk rich snippets pada halaman hasil pencarian, yang tidak hanya dapat meningkatkan CTR (Click Through Rate) situs Anda, tetapi juga membuat situs Anda lebih menonjol dan mudah diakses di perangkat mobile.

Optimasi Pengalaman Pengguna

Dengan memanfaatkan Schema.org, Anda dapat memberikan informasi yang lebih detail dan spesifik tentang konten situs Anda.

Misalnya, Anda dapat menyertakan informasi seperti jam operasional untuk bisnis atau lokasi geografis untuk artikel berita.

Informasi ini dapat memfasilitasi pengguna mobile dalam menemukan apa yang mereka butuhkan dengan lebih efisien, yang pada akhirnya dapat meningkatkan tingkat kepuasan mereka dan mengurangi kemungkinan mereka meninggalkan situs Anda.

Mendukung Pencarian Suara

Semakin banyak pengguna yang beralih ke pencarian suara di perangkat mobile mereka. Dalam konteks ini, memiliki markup yang tepat pada situs web Anda menjadi sangat krusial.

Schema.org dapat membantu mesin pencari dalam memahami konten situs Anda dan menyajikannya sebagai hasil pencarian suara.

Ini tidak hanya dapat meningkatkan visibilitas situs web Anda, tetapi juga memastikan bahwa situs Anda tetap relevan dan mudah diakses bagi pengguna mobile di tengah tren pencarian suara yang semakin populer.

Optimasi SEO Lokal

Jika Anda menjalankan bisnis fisik, Schema.org dapat menjadi alat yang sangat berharga. Anda dapat memanfaatkannya untuk memberikan informasi spesifik seperti lokasi dan jam operasional bisnis Anda.

Informasi ini dapat membantu situs web Anda mendapatkan peringkat yang lebih baik dalam hasil pencarian lokal. Ini sangat penting mengingat banyak pengguna mobile yang sering mencari bisnis atau layanan di sekitar lokasi mereka.

Dengan demikian, penggunaan Schema.org dapat membantu Anda menjangkau audiens lokal yang lebih luas dan meningkatkan visibilitas bisnis Anda di antara pengguna mobile di area Anda.

12. Cek Tampilan Website

Pada 15 detik pertama pengunjung berada di situs web Anda adalah waktu krusial yang menentukan apakah mereka akan terus menjelajahi situs Anda atau memilih untuk pergi.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memanfaatkan momen ini sebaik mungkin dan memberikan kesan pertama yang kuat dan positif agar pengunjung tidak tergoda untuk meninggalkan situs Anda.

Meski konten berkualitas tinggi memang esensial dalam menarik dan mempertahankan pengunjung situs, jangan lupakan pentingnya desain situs yang menarik.

Sebuah situs web yang dirancang dengan baik dan estetis dapat membuat pengunjung merasa lebih nyaman dan ingin menghabiskan lebih banyak waktu di situs Anda.

Faktanya, situs web dengan tampilan yang menarik dan profesional dapat membuat pengunjung bertahan lebih lama dari 15 detik pertama yang krusial tersebut, memberikan Anda lebih banyak waktu untuk menunjukkan kepada mereka nilai dan manfaat yang dapat mereka peroleh dari situs Anda.

Sebagai langkah awal dalam menciptakan situs web yang ramah mobile, Anda harus memastikan bahwa fitur autocorrect telah dinonaktifkan pada halaman login.

Mengisi formulir web di perangkat mobile bisa menjadi tantangan, dan autocorrect yang tidak diinginkan bisa menambah kerumitan. Selain itu, gunakan tombol dan font dengan ukuran yang cukup besar untuk memudahkan navigasi pengguna.

Jika situs Anda menggunakan pop-up, pertimbangkan untuk mendesain ulangnya agar lebih ramah untuk perangkat mobile. Pop-up yang tidak dioptimalkan bisa mengganggu pengalaman pengguna dan mendorong mereka untuk meninggalkan situs Anda.

Untuk memastikan bahwa situs Anda sudah dioptimalkan untuk perangkat mobile, Anda bisa menggunakan tool seperti mobile-friendly test.

Website Mobile Friendly Test dari Google
Sumber Gambar: Google Mobile-Friendly Test

Tool ini akan memeriksa situs Anda dan memberikan umpan balik tentang sejauh mana situs Anda telah dioptimalkan untuk perangkat mobile, serta memberikan saran tentang apa yang bisa ditingkatkan.

Dengan demikian, Anda bisa memastikan bahwa situs Anda tidak hanya ramah untuk pengguna desktop, tetapi juga untuk pengguna mobile.

Kesimpulan

Untuk meraih kesuksesan dalam lingkungan digital yang dinamis, penting bagi Anda untuk selalu beradaptasi dengan tren terkini dalam teknologi.

Mengingat peningkatan signifikan dalam jumlah pengguna perangkat mobile, menjadi semakin penting bagi Anda untuk memfokuskan upaya Anda pada optimasi situs web untuk perangkat mobile.

Dengan kata lain, dalam era digital ini, keberhasilan online Anda tidak hanya ditentukan oleh kualitas konten atau layanan yang Anda tawarkan, tetapi juga oleh sejauh mana situs web Anda dapat diakses dan dinikmati oleh pengguna perangkat mobile.

Oleh karena itu, mulailah memprioritaskan optimasi situs web untuk perangkat mobile dalam strategi digital Anda, dan pastikan bahwa situs Anda dapat memberikan pengalaman pengguna yang optimal di semua perangkat.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
ABOUT AUTHOR

Satu SEO

Kami menyediakan jasa SEO terbaik dengan cepat dan bergaransi

RECENT POSTS
FOLLOW US ON
Facebook
Pinterest
WhatsApp
LinkedIn
Twitter