📢   📢   ⏩

Cara Menggunakan Instagram Insight untuk Bisnis

Cara menggunakan instagram insight untuk bisnis

Sudahkah Anda merasakan kekuatan Instagram dalam bisnis Anda? Jika belum, saatnya Anda membuka mata dan memanfaatkan Instagram Insight, sebuah fitur canggih yang bisa membantu Anda memahami lebih dalam tentang audiens dan konten Anda.

Contoh fitur instagram insight satuseo

Instagram Insight, Apa Itu?

Instagram Insight bukan sekadar fitur, melainkan sebuah alat yang membantu Anda memahami lebih dalam tentang konten yang Anda bagikan dan bagaimana audiens Anda berinteraksi dengan konten tersebut.

Dengan Instagram Insight, Anda bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang siapa pengikut Anda, berapa banyak interaksi yang mereka lakukan, dan bahkan detail seperti jenis kelamin, usia, dan lokasi geografis mereka.

Instagram Insight berperan sebagai kompas digital Anda, memberikan Anda akses ke data analitik yang mendalam dan berharga tentang akun Anda. Dengan berbagai informasi detail yang ditawarkan, mulai dari demografi pengikut Anda, bagaimana masyarakat berinteraksi dengan akun dan postingan Anda, hingga sejauh mana jangkauan postingan Anda ke akun lain, Instagram Insight adalah alat yang sangat berharga untuk memahami dan meningkatkan kinerja akun Anda.

Namun, Instagram Insight bukan hanya tentang angka dan grafik. Ini adalah tentang memahami cerita di balik data tersebut. Siapa pengikut Anda? Bagaimana mereka berinteraksi dengan konten Anda? Kapan dan dari mana mereka mengakses akun Anda? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini dapat membantu Anda menciptakan strategi yang lebih efektif, membuat konten yang lebih menarik, dan pada akhirnya, membangun hubungan yang lebih kuat dengan audiens Anda.

Jadi, mari kita manfaatkan Instagram Insight, bukan hanya sebagai alat untuk mengukur kinerja, tetapi juga sebagai jendela untuk memahami dan terhubung dengan audiens Anda dengan cara yang lebih mendalam dan personal.

Instagram Insight menawarkan tiga menu utama yang bisa Anda jelajahi:

Menu instagram insight overview

A. Jangkauan Akun (Account Reach)

Ini adalah jumlah orang yang melihat konten Anda. Dengan kata lain, berapa banyak mata yang melihat postingan Anda.

B. Interaksi Akun (Account Engaged)

Ini adalah jumlah orang yang berinteraksi dengan konten Anda, baik itu dengan menyukai, berkomentar, membagikan, atau menyimpan postingan Anda.

C. Total Pengikut (Total Follower)

Menu ini memberikan Anda gambaran mendalam tentang pengikut Anda, termasuk jenis kelamin, usia, dan lokasi geografis mereka. Anda juga bisa melihat kapan pengikut Anda paling aktif di Instagram.

Memanfaatkan Instagram Insight

Untuk memaksimalkan kegunaan Instagram Insight dalam strategi pemasaran media sosial Anda, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

A. Jangkauan Akun (Account Reach)

Ada beberapa aspek penting yang perlu Anda perhatikan di sini.

1. Jumlah Akun yang Dijangkau (Account Reached)

Di sini, Anda bisa melihat berapa banyak akun yang melihat postingan Anda dalam periode waktu tertentu, misalnya 7 hari, 14 hari, 30 hari, bulan sebelumnya, atau 90 hari sebelumnya.

Dengan menyesuaikan periode waktu ini, Anda bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang seberapa jauh jangkauan Anda.

Account reach pada instagram insight satuseo

2. Jangkauan Audiens (Reach Audiens)

Di sini, Anda bisa melihat berapa banyak audiens yang melihat postingan Anda berdasarkan kota, negara, rentang usia, dan jenis kelamin. Ini memberikan Anda gambaran yang lebih detail tentang siapa yang melihat konten Anda.

Reached audience instagram insight satuseo

3. Pengikut dan Bukan Pengikut (Follower dan Non Followers)

Bagian ini memberikan Anda gambaran tentang berapa banyak dari audiens Anda yang sudah mengikuti Anda dan berapa banyak yang belum.

Ini bisa membantu Anda menargetkan strategi pemasaran Anda untuk menarik lebih banyak pengikut.

Follower dan non followers account reach instagram insight satuseo

4. Jangkauan Konten Anda

Dalam dunia digital, setiap postingan reels, stories, dan video yang Anda bagikan memiliki potensi untuk dilihat oleh ribuan, bahkan jutaan orang.

Data yang instagram sajikan mencakup jumlah akun yang melihat konten Anda, baik mereka yang sudah menjadi pengikut Anda maupun yang belum.

Ini adalah cara yang efektif untuk mengetahui sejauh mana konten Anda menyebar dan berdampak.

Content reach pada instagram insight satuseo

5. Postingan Teratas Berdasarkan Jangkauan

Bagian ini menampilkan postingan Anda yang paling banyak dilihat atau ‘reach’. Ini adalah cara yang bagus untuk melihat jenis konten apa yang paling menarik bagi audiens Anda.

6. Cerita Teratas Berdasarkan Jangkauan

Tidak hanya postingan, instagram juga menampilkan cerita atau ‘stories’ Anda yang paling banyak dilihat. Ini memberi Anda gambaran tentang jenis cerita yang paling disukai oleh pengikut Anda.

7. Reels Teratas Berdasarkan Jangkauan

Reels Anda juga tidak ketinggalan. Instagram menampilkan reels yang paling banyak dilihat, memberikan Anda wawasan tentang apa yang membuat pengguna Instagram tertarik dan terlibat.

8. Impresi (Impressions)

Data ini menunjukkan berapa kali konten Anda telah ditampilkan dan dilihat oleh pengguna lain. Ini adalah indikator penting dari seberapa jauh konten Anda telah menyebar dan berdampak.

Impressions pada instagram insight satuseo

9. Aktivitas Profil (Profile Activity)

Dengan menu ini, Anda dapat melacak berapa kali profil bisnis Anda telah dikunjungi.

Mulai dari kunjungan ke profil Instagram Anda, klik ke website, klik email, hingga klik tombol panggilan.

Ini adalah cara yang bagus untuk melihat seberapa efektif profil Anda dalam menarik dan mempertahankan perhatian pengguna.

Profile activity pada instagram insight satuseo

B. Akun yang Melakukan Interaksi

Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan dalam menu ini.

1. Jumlah Akun yang Melakukan Interaksi

Di sini, Anda dapat melihat berapa banyak akun yang telah berinteraksi dengan postingan Anda dalam jangka waktu tertentu.

Misalnya dalam 7 hari, 14 hari, 30 hari, bulan sebelumnya, atau 90 hari sebelumnya.

Setelah Anda mengatur rentang waktu yang ingin Anda lihat, akan muncul perhitungan jumlah interaksi yang terjadi pada akun Instagram bisnis Anda.

Ini adalah cara yang efektif untuk mengukur seberapa besar keterlibatan pengguna dengan konten Anda.

Jumlah account reached engagement satuseo

2. Audiens yang Terlibat (Engaged Audience)

Dapatkan gambaran mendalam tentang audiens yang terlibat dengan konten Anda.

Instagram memberikan data berdasarkan Top Cities (kota dengan jumlah followers terbanyak), Top Country (negara dengan followers terbanyak), Top Age Range (rentang umur followers), dan Gender (jenis kelamin followers).

Dengan data ini, Anda dapat memahami siapa yang benar-benar berinteraksi dengan konten Anda dan bagaimana Anda dapat menyesuaikan strategi Anda untuk menjangkau mereka dengan lebih baik.

Engaged audience pada instagram insight satuseo

3. Followers dan Non-Followers

Instagram tidak hanya menghitung jumlah followers yang berinteraksi dengan postingan Anda, tetapi juga non-followers.

Dengan memahami siapa yang berinteraksi dengan konten Anda, baik itu followers atau non-followers, Anda dapat merancang strategi yang lebih efektif untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Followers and non followers instagram insight satuseo

4. Interaksi Konten (Content Interactions)

Instagram memberikan data yang menunjukkan berapa kali pengguna berinteraksi dengan berbagai jenis konten yang Anda posting, termasuk posts, stories, reels, video, dan live video.

Dengan data ini, Anda dapat melihat jenis konten mana yang paling menarik bagi audiens Anda.

Content interactions satuseo

5. Interaksi Postingan (Post Interactions)

Instagram memberikan data yang menunjukkan jumlah interaksi pada postingan Anda, termasuk jumlah like, comment, dan save.

Dengan informasi ini, Anda dapat melihat postingan mana yang paling menarik bagi audiens Anda dan mengapa.

Post interactions

6. Postingan Teratas berdasarkan Likes

Instagram menampilkan postingan Anda yang mendapatkan like terbanyak.

Ini memberikan Anda gambaran tentang jenis konten apa yang paling disukai oleh audiens Anda.

7. Interaksi Stories (Story Interactions)

Instagram memberikan data yang menunjukkan jumlah interaksi yang terjadi pada stories Anda.

Dengan data ini, Anda dapat melihat bagaimana audiens Anda berinteraksi dengan stories Anda dan bagaimana Anda dapat memanfaatkan ini untuk meningkatkan keterlibatan.

Story interactions

Cara melihat Instagram Insight Story:

  1. Buka Aplikasi Instagram: Mulailah dengan membuka aplikasi Instagram di perangkat Anda. Pastikan Anda telah masuk ke akun bisnis atau kreator Anda.
  2. Buka Profil Anda: Ketuk ikon profil di pojok kanan bawah layar untuk membuka profil Anda.
  3. Buka Menu: Ketuk ikon hamburger (tiga garis horizontal) di pojok kanan atas layar profil Anda untuk membuka menu.
  4. Pilih “Insights”: Dalam menu yang muncul, ketuk “Insights”. Ini akan membawa Anda ke halaman Insight Instagram Anda.
  5. Pilih “Content You Shared”: Di halaman Insight, Anda akan melihat tiga tab: “Activity”, “Content You Shared”, dan “Audience”. Ketuk “Content You Shared”.
  6. Pilih “Stories”: Di halaman “Content You Shared”, Anda akan melihat berbagai jenis konten yang dapat Anda lihat Insight-nya, termasuk “Posts”, “Stories”, dan “Promotions”. Ketuk “Stories”.
  7. Pilih Story yang Ingin Anda Lihat Insight-nya: Di halaman “Stories”, Anda akan melihat daftar semua Story yang telah Anda bagikan dalam 14 hari terakhir. Ketuk Story yang ingin Anda lihat Insight-nya.
  8. Lihat Insight Story Anda: Setelah Anda memilih Story, Anda akan melihat berbagai Insight untuk Story tersebut, termasuk jumlah tayangan, balasan, dan lainnya.

8. Stories Teratas berdasarkan Replies

Instagram menampilkan stories Anda yang mendapatkan replies terbanyak.

Ini memberikan Anda gambaran tentang jenis stories apa yang paling menarik bagi audiens Anda.

9. Interaksi Reels (Reels Interactions)

Instagram memberikan data yang menunjukkan jumlah interaksi pada reels Anda, termasuk jumlah like, comment, dan save.

Dengan informasi ini, Anda dapat melihat reels mana yang paling menarik bagi audiens Anda dan mengapa.

Reels interactions

10. Reels Teratas berdasarkan Likes

Instagram menampilkan reels Anda yang mendapatkan like terbanyak.

Ini memberikan Anda gambaran tentang jenis reels apa yang paling disukai oleh audiens Anda.

11. Interaksi Video (Video Interactions)

Instagram memberikan data yang menunjukkan jumlah interaksi pada video Anda, termasuk like, comment, dan save.

Dengan data ini, Anda dapat melihat bagaimana audiens Anda berinteraksi dengan video Anda dan bagaimana Anda dapat memanfaatkan ini untuk meningkatkan keterlibatan.

Video interactions di instagram insight

12. Video Teratas berdasarkan Interaksi

Instagram menampilkan video Anda yang mendapatkan interaksi terbanyak, termasuk like, comment, dan save.

Ini memberikan Anda gambaran tentang jenis video apa yang paling menarik bagi audiens Anda.

Top videos interactions instagram satuseo

13. Interaksi Live Video (Live Video Interactions)

Instagram memberikan data yang menunjukkan jumlah interaksi pada live video Anda, termasuk like, comment, share, dan request join to the live.

Dengan data ini, Anda dapat melihat bagaimana audiens Anda berinteraksi dengan live video Anda dan bagaimana Anda dapat memanfaatkan ini untuk meningkatkan keterlibatan.

Live video interactions

14. Live Video Teratas berdasarkan Komentar

Instagram menampilkan live video Anda yang mendapatkan komentar terbanyak.

Ini memberikan Anda gambaran tentang jenis live video apa yang paling menarik bagi audiens Anda dan bagaimana Anda dapat memanfaatkan ini untuk meningkatkan keterlibatan.

Dengan semua data ini di ujung jari Anda, Anda dapat merancang strategi konten yang lebih efektif dan menjangkau audiens Anda.

Anda bukan hanya memahami apa yang mereka sukai, tetapi juga siapa mereka dan bagaimana mereka berinteraksi dengan konten Anda.

Ini adalah kunci untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan audiens Anda dan menciptakan konten yang benar-benar beresonansi dengan mereka.

Top live videos based on comments

C. Total Followers

Dalam perjalanan membangun merek digital Anda, ada beberapa elemen penting yang perlu Anda perhatikan dalam menu ini.

1. Mengukur Kekuatan: Jumlah Followers

Di sini, Anda memiliki kesempatan untuk memantau pertumbuhan jumlah pengikut akun bisnis Anda dalam berbagai rentang waktu, mulai dari seminggu, dua minggu, sebulan, bulan sebelumnya, hingga 90 hari sebelumnya.

Setelah Anda menentukan rentang waktu, Anda akan disajikan dengan jumlah total pengikut Anda. Ini adalah cara yang efektif untuk melacak pertumbuhan Anda.

Jumlah followers pada instagram insight

2. Dinamika Pertumbuhan: Growth

Di sini, Anda dapat melihat dinamika pertumbuhan akun Instagram Anda, termasuk jumlah akun yang mulai mengikuti dan berhenti mengikuti Anda.

Ini memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana trafik pengikut Anda berubah seiring waktu.

Growth di instagram insight

3. Mengenal Pengikut Anda: Top Locations

Dengan mengetahui lokasi geografis pengikut Anda, mulai dari kota hingga negara, Anda dapat merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dan personal.

Top locations followers

4. Memahami Demografi: Age Range

Dengan mengetahui rentang usia pengikut Anda, termasuk usia pengikut berjenis kelamin perempuan dan laki-laki, Anda dapat merancang konten yang lebih relevan dan menarik bagi audiens Anda.

Age range followers

5. Menyelami Lebih Dalam: Gender

Mengetahui persentase gender pengikut Anda dapat membantu Anda memahami siapa yang paling tertarik dengan merek Anda dan bagaimana Anda dapat menjangkau mereka dengan lebih baik.

Gender di instagram insight

6. Mengoptimalkan Waktu: Most Active Times

Dengan mengetahui kapan pengikut Anda paling aktif di Instagram, Anda dapat merencanakan postingan Anda untuk waktu-waktu tersebut, sehingga meningkatkan peluang interaksi dan keterlibatan.

Most active times followers satuseo

Penutup

Memanfaatkan Instagram Insight dengan efektif memang bisa menjadi tantangan tersendiri.

Namun, Anda tidak perlu khawatir.

SatuSEO memiliki tim ahli yang siap membantu Anda memahami dan mengoptimalkan semua data yang tersedia.

Dengan pengetahuan dan pengalaman kami, kami dapat membantu Anda merancang strategi yang efektif untuk menjangkau audiens Anda dengan lebih baik, meningkatkan pertumbuhan pengikut, dan akhirnya, meningkatkan performa setiap postingan Anda di Instagram.

Tidak hanya itu, di SatuSEO juga menawarkan berbagai layanan lainnya yang dapat membantu Anda membangun dan mengoptimalkan kehadiran digital Anda. Mulai dari SEO, content marketing, hingga social media management, kami siap membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda.

Jadi, tunggu apa lagi?

SatuSEO dapat membantu Anda memanfaatkan Instagram Insight dan berbagai alat digital lainnya untuk mencapai kesuksesan bisnis Anda.

Kami sangat menantikan untuk bekerja sama dengan Anda dan membantu Anda mencapai tujuan Anda. Jangan ragu untuk berbagi pengalaman Anda dengan kami di kolom komentar di bawah ini!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Tinggalkan Balasan

ABOUT AUTHOR

Satu SEO

Kami menyediakan jasa SEO terbaik dengan cepat dan bergaransi

FOLLOW US ON
Facebook
Pinterest
WhatsApp
LinkedIn
Twitter