📢   📢   ⏩

Belajar Technical SEO 2023 agar Website Ranking 1

Belajar Technical SEO di SatuSEO

Belajar Technical SEO merujuk pada proses optimasi website dan server yang bertujuan untuk memudahkan crawler mesin pencari dalam mengindeks website Anda secara efektif, yang pada akhirnya dapat meningkatkan peringkat organik Anda. Berikut ini adalah panduan lengkap untuk belajar Technical SEO.

Dasar-dasar Belajar Technical SEO

Belajar Technical SEO adalah proses yang memastikan bahwa website Anda memenuhi persyaratan teknis dari mesin pencari modern dengan tujuan untuk meningkatkan peringkat organik. Elemen penting dari belajar Technical SEO mencakup crawling, indexing, rendering, dan arsitektur website.

Mengapa Belajar Technical SEO Penting?

Anda mungkin memiliki website terbaik dengan konten terbaik. Namun, jika Technical SEO Anda berantakan? Maka Anda tidak akan mendapatkan peringkat yang baik. Pada level dasar, Google dan mesin pencari lainnya perlu dapat menemukan, merayapi, merender, dan mengindeks halaman di website Anda.

Bagaimana Anda Bisa Meningkatkan Technical SEO Anda?

Untuk meningkatkan optimasi teknis website Anda, Anda perlu mempertimbangkan:

  • Javascript
  • XML sitemaps
  • Arsitektur website
  • Struktur URL
  • Data terstruktur
  • Konten tipis
  • Konten duplikat
  • Hreflang
  • Tag kanonik
  • Halaman 404
  • Pengalihan 301

Struktur Website dan Navigasi

Struktur website Anda mempengaruhi segala hal lain yang Anda lakukan untuk mengoptimalkan website Anda… dari URL hingga sitemap Anda hingga menggunakan robots.txt untuk memblokir mesin pencari dari halaman tertentu.

Gunakan Struktur Website yang Rata dan Terorganisir

Struktur website Anda adalah bagaimana semua halaman di website Anda diorganisir. Secara umum, Anda ingin struktur yang “rata”. Dengan kata lain: halaman website Anda harus hanya beberapa tautan jauh satu sama lain.

Struktur URL yang Konsisten

Anda ingin URL Anda mengikuti struktur yang konsisten dan logis. Ini sebenarnya membantu pengguna memahami “di mana” mereka berada di website Anda.

Navigasi Breadcrumbs

Breadcrumbs secara otomatis menambahkan tautan internal ke kategori dan subhalaman di website Anda. Yang membantu memperkuat arsitektur website Anda.

Crawling, Rendering, dan Indexing

Bab ini semua tentang membuatnya SUPER mudah bagi mesin pencari untuk menemukan dan mengindeks seluruh website Anda.

Temukan Masalah Indexing

Langkah pertama Anda adalah menemukan halaman di website Anda yang memiliki masalah merayapi mesin pencari.

Tautan Internal ke Halaman “Dalam”

Kebanyakan orang tidak memiliki masalah mendapatkan homepage mereka diindeks. Ini adalah halaman dalam (halaman yang beberapa tautan dari homepage) yang cenderung menyebabkan masalah.

Gunakan Sitemap XML

Sitemap XML adalah daftar URL website Anda yang berfungsi sebagai peta jalan untuk memberi tahu mesin pencari konten apa yang tersedia dan bagaimana cara mengaksesnya. Berikut adalah beberapa poin penting tentang penggunaan Sitemap XML:

Mengapa Sitemap XML Penting?

Sitemap XML membantu mesin pencari untuk mengindeks website Anda dengan lebih efisien. Ini sangat penting untuk website yang memiliki ribuan halaman, sering menambahkan halaman baru, sering mengubah konten halaman yang ada, memiliki tautan internal yang lemah, atau memiliki profil tautan eksternal yang lemah.

Format Sitemap XML

Sitemap XML harus mencakup tag lokasi (loc) yang berisi versi absolut, kanonik dari lokasi URL. Tag terakhir yang dimodifikasi (lastmod) juga sangat disarankan untuk digunakan untuk mengkomunikasikan tanggal dan waktu terakhir file diubah.

Tag frekuensi perubahan (changefreq) dan tag prioritas sebelumnya digunakan untuk memberi petunjuk kepada mesin pencari tentang seberapa sering konten URL diharapkan berubah dan seberapa penting halaman tersebut relatif terhadap URL lain di website Anda, tetapi kini kedua tag ini sering diabaikan oleh mesin pencari.

Jenis Sitemap

Ada banyak jenis sitemap, termasuk Sitemap Indeks XML, Sitemap Gambar XML, Sitemap Video XML, Sitemap Berita Google, dan Sitemap HTML. Jenis sitemap yang Anda butuhkan tergantung pada jenis konten yang ada di website Anda.

Optimasi Indeksasi Sitemap XML

Anda harus memastikan bahwa hanya halaman yang relevan dengan SEO yang termasuk dalam Sitemap XML Anda.

Hal ini akan membantu mesin pencari merayapi website Anda dengan lebih cerdas dan menghasilkan indeksasi yang lebih baik.

Anda juga harus memanfaatkan laporan sitemap di Google Search Console untuk mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan atau masalah yang mungkin ada.

Best Practice Sitemap XML

Beberapa praktik terbaik untuk Sitemap XML termasuk menggunakan tag hreflang dalam Sitemap XML, menggunakan tag loc dan lastmod, mengompres file sitemap menggunakan gzip, menggunakan file indeks sitemap, dan memastikan URL hanya termasuk dalam satu sitemap.

Kecepatan Website dan User Experience

Kecepatan website dan user experience (UX) adalah dua faktor penting dalam belajar Technical SEO.

Mesin pencari seperti Google menilai website berdasarkan seberapa cepat halaman dimuat dan seberapa mudah digunakan oleh pengguna.

Mengapa Kecepatan Website Penting?

Kecepatan website adalah faktor peringkat penting untuk Google. Website yang lambat dapat mengakibatkan pengguna meninggalkan website Anda, yang dapat meningkatkan tingkat pentalan dan berdampak negatif pada peringkat Anda.

Cara Meningkatkan Kecepatan Website

Untuk meningkatkan kecepatan website Anda, Anda perlu mempertimbangkan:

  • Mengoptimalkan gambar dan media lainnya
  • Menggunakan caching
  • Meminimalkan CSS dan JavaScript
  • Menggunakan Content Delivery Network (CDN)

Mengapa User Experience Penting?

User experience adalah bagaimana pengguna berinteraksi dengan website Anda.

Jika website Anda sulit digunakan atau membingungkan, pengguna mungkin akan meninggalkan website Anda, yang dapat berdampak negatif pada peringkat Anda.

Cara Meningkatkan User Experience

Untuk meningkatkan user experience (UX) pada suatu website secara SEO friendly adalah suatu hal yang penting untuk memastikan bahwa pengguna dapat menemukan dan menggunakan website Anda dengan mudah, sekaligus memastikan bahwa website Anda dapat ditemukan oleh mesin pencari seperti Google.

Berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya:

Website Blog dengan Google Adsense:
  • Konten Berkualitas: Konten yang berkualitas tinggi dan relevan adalah kunci utama SEO. Konten yang informatif, menarik, dan bermanfaat akan menarik lebih banyak pengunjung dan membuat mereka tetap di situs Anda lebih lama, yang pada gilirannya akan meningkatkan peringkat SEO Anda. Selain itu, konten yang berkualitas juga akan meningkatkan peluang konten Anda dibagikan oleh pengguna, yang dapat membantu meningkatkan backlink ke situs Anda.
  • Navigasi yang Mudah: Pastikan situs Anda mudah dinavigasi. Ini tidak hanya membantu pengguna menemukan konten yang mereka cari dengan lebih mudah, tetapi juga membantu mesin pencari memahami struktur situs Anda.
  • Optimasi Keyword: Gunakan keyword yang relevan dalam judul, subjudul, dan isi konten Anda. Ini akan membantu mesin pencari memahami apa yang dibahas dalam konten Anda dan memungkinkan konten Anda muncul dalam hasil pencarian yang relevan.
  • Optimasi Iklan: Pastikan iklan Anda tidak mengganggu pengalaman pengguna. Iklan yang terlalu banyak atau terlalu mengganggu dapat membuat pengguna meninggalkan situs Anda, yang dapat berdampak negatif pada peringkat SEO Anda.
Website Informasi Produk, Jasa, atau Perusahaan
  • Desain yang Responsif: Website yang responsif yang dapat dengan mudah digunakan di berbagai perangkat (desktop, tablet, ponsel) akan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan dapat meningkatkan peringkat SEO Anda.
  • Kecepatan Loading Halaman: Halaman yang memuat dengan cepat akan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan dapat meningkatkan peringkat SEO Anda. Anda dapat menggunakan alat seperti Google PageSpeed Insights untuk memeriksa dan meningkatkan kecepatan loading halaman Anda.
  • Informasi yang Jelas dan Mudah Dipahami: Pastikan informasi tentang produk atau jasa Anda disajikan dengan jelas dan mudah dipahami. Ini akan membantu pengguna membuat keputusan pembelian dan dapat meningkatkan konversi Anda.
  • Call to Action yang Jelas: Call to action yang jelas dan menonjol dapat membantu meningkatkan konversi dan engagement pengguna.
  • Optimasi untuk Local SEO: Jika bisnis Anda beroperasi di area geografis tertentu, optimasi untuk local SEO dapat membantu Anda menjangkau pelanggan potensial di area tersebut.

Mobile SEO

Dengan semakin banyaknya pengguna yang mengakses web melalui perangkat mobile, mobile SEO menjadi semakin penting. Ini adalah bagaimana Anda dapat memastikan situs web Anda dioptimalkan untuk pengguna mobile.

Mengapa Mobile SEO Penting?

Google sekarang menggunakan mobile-first indexing, yang berarti mereka melihat versi mobile situs web Anda saat menentukan peringkat. Jika situs web Anda tidak dioptimalkan untuk pengguna mobile, ini dapat berdampak negatif pada peringkat Anda.

Cara Meningkatkan Mobile SEO

Untuk meningkatkan mobile SEO, Anda perlu mempertimbangkan:

  • Membuat situs web Anda responsif
  • Memastikan konten dan tautan mudah diakses dan dapat digunakan pada perangkat mobile
  • Mempercepat waktu pemuatan halaman pada perangkat mobile

Kesimpulan

Belajar Technical SEO adalah aspek penting dari optimasi mesin pencari. Dengan memahami dan menerapkan konsep-konsep ini, Anda dapat memastikan situs web Anda mudah ditemukan, diindeks, dan dinilai oleh mesin pencari, yang pada akhirnya dapat meningkatkan peringkat organik Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Tinggalkan Balasan

ABOUT AUTHOR

Satu SEO

Kami menyediakan jasa SEO terbaik dengan cepat dan bergaransi

FOLLOW US ON
Facebook
Pinterest
WhatsApp
LinkedIn
Twitter