📢   📢   ⏩

Belajar Menulis Artikel 2023 di WordPress dan Blogspot

Belajar Menulis Artikel di Wordpress dan Blogspot

Belajar menulis artikel di website bukan hanya sekedar hobi, tetapi juga menjadi kebutuhan penting di era digital ini. Baik itu untuk kepentingan bisnis, branding pribadi, atau sekedar berbagi pengetahuan dan informasi.

Artikel yang ditulis dengan baik dapat meningkatkan visibilitas online Anda, membangun kredibilitas, dan menarik lebih banyak pengunjung ke website Anda.

Dalam artikel ini, kita akan belajar bagaimana membuat artikel di website, khususnya di platform WordPress dan Blogspot.

Keuntungan Belajar Cara Menulis Artikel di Website

Membuat artikel di website adalah salah satu cara efektif untuk berkomunikasi dengan audiens Anda.

Artikel yang informatif dan menarik dapat membantu membangun hubungan yang baik dengan pembaca, meningkatkan kredibilitas Anda atau bisnis Anda, dan bahkan mendorong penjualan atau konversi lainnya.

Selain itu, menulis artikel juga dapat meningkatkan SEO website Anda, membuatnya lebih mudah ditemukan di mesin pencari.

Terdapat 5 keuntungan yang bisa didapatkan dari belajar menulis artikel di website.

Seperti meningkatkan visibilitas online, membangun kredibilitas dan otoritas, mendorong interaksi dan keterlibatan pengunjung, mendukung strategi pemasaran konten, dan mendapatkan penghasilan dari iklan.

Kelima hal ini akan dijelaskan sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Visibilitas Online: Artikel yang ditulis dengan baik dan dioptimalkan untuk SEO dapat membantu website Anda mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian Google. Ini dapat meningkatkan visibilitas online Anda dan menarik lebih banyak pengunjung ke website Anda. Berikut caranya:
    • Lakukan riset kata kunci untuk menemukan apa yang dicari oleh audiens Anda di mesin pencari.
    • Gunakan kata kunci tersebut secara alami dalam judul, subjudul, dan isi artikel Anda.
    • Buat konten yang relevan dan bernilai bagi audiens Anda, karena Google cenderung memberikan peringkat yang lebih tinggi pada konten yang bermanfaat bagi pengguna.
  2. Membangun Kredibilitas dan Otoritas: Artikel yang informatif dan menarik dapat membantu membangun kredibilitas dan otoritas Anda atau bisnis Anda dalam industri Anda. Ini dapat membuat pelanggan lebih cenderung untuk memilih Anda daripada pesaing Anda. Berikut caranya:
    • Tulis tentang topik yang Anda kuasai dan berikan informasi yang akurat dan up-to-date.
    • Tunjukkan pengetahuan dan keahlian Anda melalui penulisan Anda.
    • Jika memungkinkan, sertakan testimoni atau kasus studi untuk menunjukkan kredibilitas Anda.
  3. Mendorong Interaksi dan Keterlibatan Pengunjung: Artikel yang menarik dan relevan dapat mendorong pengunjung untuk berinteraksi dengan konten Anda, misalnya dengan meninggalkan komentar atau berbagi artikel Anda di media sosial. Ini dapat membantu membangun hubungan yang lebih kuat dengan audiens Anda dan mendorong keterlibatan yang lebih tinggi. Berikut caranya:
    • Ajak pembaca untuk berinteraksi dengan konten Anda, misalnya dengan mengajukan pertanyaan atau meminta mereka untuk meninggalkan komentar.
    • Berikan balasan yang cepat dan bermanfaat untuk komentar atau pertanyaan dari pembaca.
    • Buat konten yang menarik dan relevan yang membuat pembaca ingin berbagi di media sosial.
  4. Mendukung Strategi Pemasaran Konten: Artikel adalah bagian penting dari strategi pemasaran konten. Anda dapat membagikan artikel Anda di media sosial, melalui email marketing, atau melalui metode pemasaran digital lainnya untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan mendorong lebih banyak orang untuk mengunjungi website Anda. Begini caranya:
    • Buat jadwal penerbitan konten yang konsisten dan ikuti jadwal tersebut.
    • Promosikan artikel Anda di media sosial, melalui email marketing, atau melalui metode pemasaran digital lainnya.
    • Buat konten yang menarik dan bernilai bagi audiens Anda, karena ini akan membuat mereka lebih cenderung untuk membaca dan berbagi artikel Anda.
  5. Mendapatkan Penghasilan dari Iklan: Jika Anda menggunakan program periklanan seperti Google AdSense, menulis artikel yang menarik dan mendapatkan banyak pengunjung dapat membantu Anda mendapatkan penghasilan dari iklan. Semakin banyak pengunjung yang mengklik iklan di website Anda, semakin banyak penghasilan yang bisa Anda dapatkan. Begini caranya:
    • Daftar ke program periklanan seperti Google AdSense.
    • Letakkan iklan di tempat yang mudah dilihat oleh pengunjung, tetapi pastikan tidak mengganggu pengalaman pengguna.
    • Tulis artikel yang menarik dan mendapatkan banyak pengunjung, karena semakin banyak pengunjung yang mengklik iklan di website Anda, semakin banyak penghasilan yang bisa Anda dapatkan.

Belajar Menulis Artikel di WordPress dan Blogspot

Belajar menulis artikel melibatkan beberapa langkah penting:

  • Pertama, Anda perlu memilih topik yang menarik dan relevan untuk audiens Anda.
  • Kedua, lakukan riset untuk memastikan informasi yang Anda berikan akurat dan up-to-date.
  • Ketiga, buat kerangka artikel untuk membantu Anda tetap fokus dan terorganisir.
  • Keempat, tulis artikel Anda dengan gaya penulisan yang jelas dan mudah dimengerti. Terakhir, edit dan revisi artikel Anda untuk memastikan kualitasnya.

Apa itu WordPress

WordPress adalah sistem manajemen konten (Content Management System atau CMS) yang paling populer di dunia.

Ini adalah platform yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola website dengan mudah, tanpa perlu memiliki pengetahuan mendalam tentang pemrograman atau desain web.

Berikut adalah beberapa manfaat dari WordPress:

  • Mudah Digunakan: WordPress memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan, yang berarti Anda tidak perlu memiliki pengetahuan teknis khusus untuk membuat dan mengelola website Anda.
  • Fleksibel: WordPress sangat fleksibel dan dapat digunakan untuk berbagai jenis website, mulai dari blog pribadi, website bisnis, toko online, hingga portal berita.
  • Dukungan Komunitas yang Luas: Karena popularitasnya, WordPress memiliki komunitas pengguna dan pengembang yang besar dan aktif. Ini berarti Anda akan menemukan banyak tutorial, forum, dan sumber daya lainnya yang dapat membantu Anda jika Anda mengalami masalah.
  • Plugin dan Tema: WordPress memiliki ribuan plugin dan tema gratis dan berbayar yang dapat Anda gunakan untuk menyesuaikan fungsi dan tampilan website Anda.
  • SEO-Friendly: WordPress dirancang dengan SEO di pikiran, yang berarti website yang dibuat dengan WordPress cenderung mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari.

Ada dua tipe WordPress berdasarkan penggunaannya:

  • WordPress.com: Ini adalah layanan hosting yang dijalankan oleh perusahaan Automattic. Dengan WordPress.com, Anda dapat membuat dan mengelola website tanpa perlu khawatir tentang hosting, pembaruan, atau pemeliharaan teknis. Namun, Anda memiliki kontrol yang lebih sedikit atas website Anda dibandingkan dengan WordPress.org.
  • WordPress.org: Ini adalah versi perangkat lunak WordPress yang dapat Anda unduh dan instal di server web Anda sendiri. Dengan WordPress.org, Anda memiliki kontrol penuh atas website Anda dan dapat menyesuaikan segalanya sesuai keinginan Anda. Namun, Anda juga bertanggung jawab untuk hosting, pembaruan, dan pemeliharaan teknis.

Belajar Menulis Artikel di WordPress

WordPress memiliki dua tipe yaitu wordpress.com dan wordpress.org, mengenai penjelasan lengkapnya sudah dijelaskan di atas.

Pada bagian ini akan dijelaskan cara membuat artikel (postingan) di wordpress dengan menggunakan dua editor, yaitu classic dan gutenberg.

Cara Membuat Artikel dengan Classic Editor WordPress

Classic Editor adalah editor teks tradisional yang digunakan dalam versi WordPress sebelum 5.0. Ini adalah editor WYSIWYG (What You See Is What You Get), yang berarti konten yang Anda lihat di editor akan terlihat sama saat dipublikasikan.

Classic Editor memiliki antarmuka yang sederhana dan intuitif. Anda dapat mengetik teks Anda langsung ke dalam editor, dan menggunakan toolbar di atasnya untuk memformat teks Anda.

Contohnya seperti membuat teks tebal atau miring, membuat daftar, atau menambahkan link. Anda juga dapat menambahkan gambar dan media lainnya dengan mengklik tombol “Add Media”.

Meskipun Classic Editor lebih sederhana dan lebih mudah digunakan bagi pengguna yang tidak terbiasa dengan blok, ia memiliki keterbatasan dalam hal fleksibilitas dan kontrol atas tata letak dan desain.

Berikut langkah-langkahnya membuat artikel (postingan) dengan classic editor wordpress:

  • Login ke Dashboard WordPress Anda: Masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda untuk masuk ke dashboard WordPress Anda.
  • Buka Editor Klasik: Di menu sebelah kiri, klik “Posts” dan kemudian “Add New”. Ini akan membuka Classic Editor.
  • Masukkan Judul Artikel: Di bagian atas editor, Anda akan melihat kotak tempat Anda bisa menulis judul artikel Anda.
  • Tulis Isi Artikel: Di bawah judul, Anda akan melihat area yang lebih besar tempat Anda bisa menulis isi artikel Anda. Anda bisa mengetik teks langsung ke dalam kotak ini, atau Anda bisa mengetik teks Anda di program pengolah kata lain dan menyalinnya ke sini.
  • Tambahkan Gambar dan Media Lainnya: Untuk menambahkan gambar atau media lainnya, klik tombol “Add Media” di atas editor. Ini akan membuka Media Library, di mana Anda bisa mengupload file baru atau memilih file yang sudah ada.
  • Atur Pengaturan Artikel: Di sebelah kanan editor, Anda akan melihat berbagai pengaturan untuk artikel Anda, termasuk kategori, tag, dan gambar unggulan.
  • Pratinjau dan Publikasikan Artikel Anda: Ketika Anda selesai menulis dan mengatur artikel Anda, klik tombol “Preview” untuk melihat bagaimana artikel Anda akan terlihat di website Anda. Jika Anda puas dengan tampilannya, klik “Publish” untuk mempublikasikan artikel Anda.

Cara Membuat Artikel dengan Gutenberg Editor WordPress

Gutenberg adalah editor blok yang diperkenalkan dalam WordPress 5.0. Dibandingkan dengan Classic Editor, Gutenberg menawarkan lebih banyak fleksibilitas dan kontrol atas tata letak dan desain konten Anda.

Dalam Gutenberg, setiap bagian konten (seperti paragraf, gambar, atau daftar) ditambahkan sebagai blok individu. Setiap blok dapat disesuaikan secara independen, dan Anda dapat mengatur ulang blok dengan mudah dengan menyeret dan menjatuhkannya.

Gutenberg juga menawarkan berbagai jenis blok yang tidak tersedia di Classic Editor, seperti blok untuk menambahkan tombol, tabel, atau widget. Ini membuatnya lebih mudah untuk membuat tata letak yang kompleks dan desain konten yang kaya fitur.

Namun, Gutenberg mungkin memerlukan waktu adaptasi bagi pengguna yang terbiasa dengan Classic Editor, dan beberapa pengguna mungkin merasa antarmukanya kurang intuitif. Berikut caranya membuat artikel postingan dengan gutenberg editor wordpress:

  • Login ke Dashboard WordPress Anda: Masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda untuk masuk ke dashboard WordPress Anda.
  • Buka Gutenberg Editor: Di menu sebelah kiri, klik “Posts” dan kemudian “Add New”. Ini akan membuka Gutenberg Editor.
  • Masukkan Judul Artikel: Di bagian atas editor, Anda akan melihat kotak tempat Anda bisa menulis judul artikel Anda.
  • Tulis Isi Artikel: Di bawah judul, Anda akan melihat area yang lebih besar tempat Anda bisa menulis isi artikel Anda. Gutenberg menggunakan sistem blok, yang berarti Anda bisa menambahkan berbagai jenis konten (seperti paragraf, gambar, atau daftar) sebagai blok individu.
  • Tambahkan Gambar dan Media Lainnya: Untuk menambahkan gambar atau media lainnya, klik tombol “+” untuk menambahkan blok baru dan pilih jenis blok yang Anda inginkan (misalnya, “Image” atau “Gallery”).
  • Atur Pengaturan Artikel: Di sebelah kanan editor, Anda akan melihat berbagai pengaturan untuk artikel Anda, termasuk kategori, tag, dan gambar unggulan.
  • Pratinjau dan Publikasikan Artikel Anda: Ketika Anda selesai menulis dan mengatur artikel Anda, klik tombol “Preview” untuk melihat bagaimana artikel Anda akan terlihat di website Anda. Jika Anda puas dengan tampilannya, klik “Publish” untuk mempublikasikan artikel Anda.

Harap dicatat bahwa langkah-langkah ini mungkin sedikit berbeda tergantung pada versi WordPress Anda dan apakah Anda menggunakan tema atau plugin tertentu.

Apa itu Blogspot

Blogspot, juga dikenal sebagai Blogger, adalah platform blogging gratis yang disediakan oleh Google.

Ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan mempublikasikan blog mereka sendiri tanpa perlu memiliki pengetahuan teknis tentang pembuatan website atau pemrograman.

Belajar Menulis Artikel di Blogspot

Berikut adalah beberapa manfaat dari Blogspot:

  • Mudah Digunakan: Blogspot memiliki antarmuka yang sederhana dan intuitif, yang berarti Anda tidak perlu memiliki pengetahuan teknis untuk membuat dan mengelola blog Anda. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk pemula atau bagi mereka yang ingin memulai blogging dengan cepat dan mudah.
  • Gratis: Blogspot adalah layanan gratis. Anda tidak perlu membayar untuk hosting atau domain, yang bisa menjadi penghematan yang signifikan, terutama jika Anda baru memulai.
  • Dukungan Google: Karena Blogspot adalah layanan Google, Anda mendapatkan keuntungan dari infrastruktur dan dukungan Google. Misalnya, blog Anda akan di-host di server Google, yang biasanya sangat andal.
  • Integrasi dengan Produk Google Lainnya: Blogspot terintegrasi dengan baik dengan produk Google lainnya, seperti Google Adsense, Google Analytics, dan Google Drive. Ini memudahkan Anda untuk memonetisasi blog Anda, melacak statistik pengunjung, dan menyimpan dan berbagi file.
  • Kustomisasi: Meskipun Blogspot mungkin tidak sefleksibel beberapa platform lain dalam hal desain dan fungsionalitas, masih ada banyak ruang untuk kustomisasi. Anda dapat memilih dari berbagai template yang disediakan oleh Blogspot, atau Anda dapat mengedit HTML dan CSS blog Anda jika Anda memiliki pengetahuan teknis.

Menggunakan Blogspot bisa menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang baru memulai blogging atau bagi mereka yang mencari solusi blogging yang gratis dan mudah digunakan.

Namun, jika Anda mencari lebih banyak kontrol dan fleksibilitas, atau jika Anda berencana untuk mengembangkan blog Anda menjadi situs web bisnis yang besar, Anda mungkin ingin mempertimbangkan platform lain seperti WordPress.

Cara Membuat Artikel di Blogspot

  • Login ke Akun Blogger Anda: Pertama, Anda perlu masuk ke akun Blogger Anda. Jika Anda belum memiliki akun, Anda dapat membuatnya dengan akun Google Anda.
  • Buka Dashboard Blogger: Setelah Anda login, Anda akan dibawa ke dashboard Blogger Anda. Di sini, Anda akan melihat daftar blog Anda (jika Anda memiliki lebih dari satu).
  • Pilih Blog Anda: Klik pada judul blog tempat Anda ingin menambahkan artikel baru.
  • Buka Editor Artikel: Di dashboard blog Anda, klik tombol “New Post” di bagian atas halaman. Ini akan membuka editor artikel.
  • Masukkan Judul Artikel: Di bagian atas editor, Anda akan melihat kotak tempat Anda bisa menulis judul artikel Anda.
  • Tulis Isi Artikel: Di bawah judul, Anda akan melihat area yang lebih besar tempat Anda bisa menulis isi artikel Anda. Anda bisa mengetik teks langsung ke dalam kotak ini, atau Anda bisa mengetik teks Anda di program pengolah kata lain dan menyalinnya ke sini.
  • Tambahkan Gambar dan Media Lainnya: Untuk menambahkan gambar atau media lainnya, klik tombol “Insert Image” atau “Insert Video” di toolbar di atas editor. Ini akan membuka dialog di mana Anda bisa mengupload file baru atau memilih file yang sudah ada.
  • Atur Pengaturan Artikel: Di sebelah kanan editor, Anda akan melihat berbagai pengaturan untuk artikel Anda, termasuk label (yang mirip dengan tag di WordPress), penjadwalan publikasi, dan opsi SEO.
  • Pratinjau dan Publikasikan Artikel Anda: Ketika Anda selesai menulis dan mengatur artikel Anda, klik tombol “Preview” untuk melihat bagaimana artikel Anda akan terlihat di blog Anda. Jika Anda puas dengan tampilannya, klik “Publish” untuk mempublikasikan artikel Anda.

Tips dan Trik untuk Menulis Artikel yang SEO-Friendly

Menulis artikel yang SEO-friendly bukan hanya tentang memasukkan kata kunci ke dalam teks. Anda juga perlu memastikan artikel Anda mudah dibaca, memiliki struktur yang baik, dan menyediakan informasi yang berharga bagi pembaca.

Beberapa tips untuk menulis artikel yang SEO-friendly antara lain: gunakan judul dan subjudul yang jelas, gunakan kata kunci secara alami dalam teks, gunakan link internal dan eksternal, dan pastikan website Anda mobile-friendly.

Ada beberapa alasan mengapa perlu membuat artikel yang SEO-Friendly, diantaranya:

  • Meningkatkan Peringkat di Mesin Pencari: SEO (Search Engine Optimization) adalah praktek mengoptimalkan konten Anda sehingga mesin pencari seperti Google dapat memahaminya dengan baik. Artikel yang dioptimalkan dengan baik untuk SEO lebih mungkin mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian, yang berarti lebih banyak orang akan melihat dan mengklik artikel Anda.
  • Meningkatkan Lalu Lintas ke Website Anda: Dengan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian, artikel SEO-friendly Anda akan menarik lebih banyak pengunjung ke website Anda. Ini bisa berarti lebih banyak pelanggan potensial untuk bisnis Anda, lebih banyak pembaca untuk blog Anda, atau lebih banyak pengguna untuk platform Anda.
  • Meningkatkan Kredibilitas dan Otoritas: Artikel yang muncul di halaman pertama hasil pencarian Google sering kali dipandang sebagai lebih kredibel dan otoritatif. Dengan menulis artikel yang SEO-friendly, Anda dapat membangun reputasi sebagai ahli dalam bidang Anda.
  • Meningkatkan Pengalaman Pengguna: Praktek SEO yang baik sering kali bertepatan dengan pengalaman pengguna yang baik. Misalnya, menulis konten yang jelas dan mudah dibaca, menggunakan judul dan subjudul yang informatif, dan memastikan website Anda memuat dengan cepat dan mudah dinavigasi semuanya adalah bagian dari SEO dan dapat membuat pengunjung Anda lebih puas dengan pengalaman mereka di website Anda.
  • Meningkatkan Konversi: Jika website Anda dirancang untuk menghasilkan konversi (seperti penjualan, pendaftaran, atau unduhan), maka menulis artikel yang SEO-friendly dapat membantu meningkatkan tingkat konversi Anda. Dengan menarik lebih banyak pengunjung ke website Anda dan memberikan mereka pengalaman yang baik saat mereka berada di sana, mereka lebih mungkin untuk melakukan aksi yang Anda inginkan.

Tools dan Plugin untuk Mendukung Pembuatan Artikel yang SEO-Friendly

Berikut adalah beberapa alat yang dapat membantu Anda membuat artikel yang SEO-friendly.

Alat Riset Kata Kunci: Alat seperti Google Keyword Planner, SEMrush, atau Ahrefs dapat membantu Anda menemukan kata kunci yang relevan dan populer dalam niche Anda.

Menggunakan kata kunci yang tepat dalam artikel Anda dapat membantu meningkatkan peringkat Anda di hasil pencarian.

Alat Analisis SEO: Alat seperti Yoast SEO (untuk WordPress) atau Surfer SEO dapat membantu Anda menganalisis artikel Anda untuk memastikan bahwa mereka dioptimalkan untuk SEO.

Ini dapat memberi Anda saran tentang bagaimana meningkatkan SEO artikel Anda, seperti menambahkan lebih banyak kata kunci, memperbaiki struktur artikel Anda, atau meningkatkan kecepatan loading halaman Anda.

Alat Penulisan: Alat seperti Grammarly atau Hemingway Editor dapat membantu Anda menulis teks yang jelas dan mudah dibaca, yang penting untuk SEO.

Dengan ini dapat memeriksa ejaan dan tata bahasa Anda, menyarankan cara untuk memperbaiki kalimat yang rumit atau sulit dipahami, dan bahkan membantu Anda menghindari plagiarisme.

Alat Analisis Lalu Lintas Web: Alat seperti Google Analytics atau SimilarWeb dapat membantu Anda memahami bagaimana pengunjung berinteraksi dengan artikel Anda.

Anda dapat melihat berapa banyak orang yang mengunjungi artikel Anda, berapa lama mereka tinggal, dan apa yang mereka lakukan setelah membaca artikel Anda.

Informasi ini dapat membantu Anda memahami apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan dalam strategi SEO Anda.

Alat Manajemen Tautan: Alat seperti Moz’s Link Explorer atau Ahrefs’ Backlink Checker dapat membantu Anda memahami profil tautan balik Anda, yang merupakan faktor penting dalam SEO.

Dapat menunjukkan kepada Anda dari mana tautan balik Anda berasal, berapa banyak tautan balik yang Anda miliki, dan bagaimana kualitas tautan balik tersebut.

Kesimpulan

Dalam pembahasan ini, kita telah mengeksplorasi pentingnya belajar menulis artikel SEO-friendly di website, khususnya di platform WordPress dan Blogspot.

Menulis artikel yang informatif dan menarik dapat meningkatkan visibilitas online, membangun kredibilitas, menarik lebih banyak pengunjung, dan mendukung strategi pemasaran konten.

Selain itu, ini juga dapat membantu mendapatkan penghasilan dari iklan, seperti Google AdSense, dan meningkatkan jangkauan bisnis.

Kami juga telah membahas WordPress, sistem manajemen konten yang paling populer di dunia, dan bagaimana cara membuat artikel di WordPress menggunakan Classic Editor dan Gutenberg Editor.

Selain itu, kami telah membahas pentingnya menulis artikel yang SEO-friendly dan alat-alat yang dapat membantu dalam proses ini.

Dengan menguasai keterampilan ini, Anda dapat meningkatkan visibilitas online Anda, membangun kredibilitas dan otoritas, dan mencapai tujuan bisnis Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Tinggalkan Balasan

ABOUT AUTHOR

Satu SEO

Kami menyediakan jasa SEO terbaik dengan cepat dan bergaransi

FOLLOW US ON
Facebook
Pinterest
WhatsApp
LinkedIn
Twitter