📢   📢   ⏩

Apa Itu Backlink? Pengertian, Fungsi, dan Cara Mendapatkan

Apa Itu Backlink? Pengertian, Fungsi, dan Cara Mendapatkan

Apa itu Backlink? Backlink adalah link dari halaman web lain yang mengarah ke situs Anda. Ini penting dalam SEO dan dapat membantu meningkatkan reputasi dan kredibilitas situs Anda.

Backlink bukan hanya link biasa, mereka memiliki peran penting dalam strategi SEO. Backlink dapat membantu meningkatkan peringkat situs Anda dalam hasil pencarian, meningkatkan peluang situs Anda menjadi pilihan pertama pengguna.

Bayangkan backlink sebagai jembatan digital antara dua halaman web. Misalnya, jika Anda menulis tentang manfaat olahraga dan memasukkan link ke situs lain yang berisi penelitian terkait, link tersebut adalah backlink.

Backlink penting karena mereka membantu mesin pencari memahami konten Anda. Backlink juga bisa meningkatkan otoritas situs web Anda, yang berdampak pada peringkat situs Anda dalam hasil pencarian.

“Jika situs Anda mendapat banyak backlink berkualitas, ini memberikan sinyal positif ke mesin pencari bahwa situs Anda adalah sumber informasi yang berharga. Ini dapat meningkatkan peringkat situs Anda dalam hasil pencarian.”

Setiap backlink itu unik. Backlink dari situs relevan dengan otoritas tinggi sangat berharga. Oleh karena itu, dalam strategi SEO Anda, prioritaskan mendapatkan backlink berkualitas tinggi.

Pengertian Backlink

Backlink, juga dikenal sebagai “inbound link” atau “incoming link”, adalah instrumen penting dalam dunia digital. Selain berfungsi sebagai penghubung antara halaman web, backlink juga dapat meningkatkan reputasi dan kredibilitas sebuah website.

Backlink berperan penting dalam SEO, membantu website Anda meraih posisi lebih tinggi dalam hasil pencarian Google. Ini berarti backlink dapat meningkatkan visibilitas dan keuntungan Anda.

Manfaat backlink sangat signifikan, terutama untuk blogger dan pengusaha. Backlink membantu Anda mendapatkan pengenalan lebih luas dari audiens, membangun otoritas, dan mempromosikan produk atau jasa Anda di internet.

Backlink biasanya berasal dari domain atau subdomain tertentu yang merujuk ke halaman web lain, sering disebut sebagai “inbound link” atau “incoming link”. Mereka biasanya ditempatkan dalam konten yang memberikan referensi ke website lain dengan tema serupa.

Backlink berperan sebagai pilar penyangga yang memperkuat posisi website atau konten yang dirujuk, membantu mereka mendapatkan peringkat yang tinggi dan stabil di SERP untuk kata kunci tertentu.

Apa itu backlink internal dan external backlink
Sumber Gambar: Ahrefs

Memahami backlink melibatkan dua kategori utama yang esensial, yaitu:

Internal Backlink

Dengan kata lain, Internal Backlink berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan dua halaman web dalam satu domain yang sama.

Fungsi internal backlink adalah untuk mempermudah pengunjung dalam menemukan informasi tambahan seputar topik tertentu.

Selain itu, link internal juga memiliki peran penting dalam meningkatkan durasi kunjungan dan jumlah akses ke konten tertentu di domain anda.

External Backlink

External Backlink adalah link yang berasal atau ditujukan ke domain lain.

Link ini menjadi sangat penting ketika website Anda memerlukan sumber informasi tambahan dari website lain, terutama jika konten Anda tidak memiliki referensi yang cukup untuk topik tertentu.

Peran backlink dalam SEO sangat signifikan, terutama dalam menentukan peringkat website di mesin pencari seperti Google.

Fungsi utama backlink adalah untuk mengevaluasi otoritas dan relevansi suatu domain terhadap produk, layanan, dan topik tertentu.

Dengan banyaknya backlink yang ditaruh dan diterima dari website lain, mesin pencari akan lebih memprioritaskan website Anda dalam hal peringkat.

Manfaat Backlink untuk Ranking Website di Google

Backlink mempengaruhi reputasi website Anda, sering disebut sebagai ‘suara’ dalam dunia digital. Mereka membantu membangun otoritas domain Anda, terutama jika website Anda berfokus pada topik spesifik.

Google dan mesin pencari lainnya memberi prioritas kepada website yang memiliki banyak backlink berkualitas. Ini berarti peringkat pencarian Anda akan meningkat.

Peringkat tinggi menghasilkan lebih banyak lalu lintas organik dan meningkatkan otoritas halaman Anda. Hal ini akan menjadikan website Anda sebagai referensi utama untuk topik yang Anda bahas.

Posisi yang baik ini bukan hanya menguntungkan reputasi, tetapi juga bisnis. Tim pemasaran Anda dapat memanfaatkan ini untuk meluncurkan kampanye atau menjalin kerjasama dengan pihak lain untuk menempatkan iklan di website Anda.

Backlink, baik internal maupun eksternal, penting untuk sukses website Anda. Namun, kualitas backlink lebih penting daripada jumlahnya. Belajarlah mendapatkan backlink berkualitas dan menerapkan strategi backlink yang efektif.

Pengaruh Backlink terhadap SEO Website

Website Anda di puncak Google menunjukkan konten berkualitas dan relevan. Konten ini mendorong orang untuk membagikan dan merujuk ke website Anda.

Ketika orang mencari informasi, website Anda bisa menjadi sumber utama. Website Anda bahkan bisa direkomendasikan oleh Google.

Backlink penting untuk SEO ketika konten Anda banyak dibagikan dan dirujuk. Ini menunjukkan konten Anda memberikan nilai dan membantu pengguna, yang penting untuk peringkat website.

Jumlah backlink ke website Anda menunjukkan kredibilitas dan otoritas. Semakin banyak backlink, semakin cepat naik peringkat. Ini menunjukkan bahwa konten Anda dihargai dan dipercaya, dan mesin pencari memperhatikan hal ini.

Jenis-Jenis Backlink

Backlink atau tautan balik datang dalam berbagai bentuk, masing-masing dengan karakteristik uniknya sendiri. Memahami jenis-jenis backlink ini penting agar Anda dapat merancang strategi pembuatan backlink yang efektif dan tepat sasaran.

Ingin website Anda berada di halaman pertama Google? Berikut ini adalah beberapa jenis backlink yang dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut:

Juice Link

Juice link adalah backlink paling dasar dan sering digunakan.

Juice link berfungsi sebagai jembatan yang mengarahkan pengunjung dari website lain ke situs Anda, membantu meningkatkan lalu lintas dan peringkat situs Anda di halaman hasil pencarian mesin pencari (SERP).

Dengan kata lain, juice link membantu mesin pencari mengenali bahwa situs Anda memiliki konten yang menarik pengunjung, meningkatkan otoritas domain (DA) Anda.

Link No-Follow

Link No-Follow adalah backlink yang memiliki fungsi terbatas dalam hal memberikan otoritas dan relevansi.

Meski situs Anda direferensikan oleh situs lain, tag “nofollow” membatasi fungsi penuh link tersebut.

Contoh link no-follow: <a href="https://www.satuseo.co.id/" rel="nofollow">SatuSEO</a>

Ini biasanya digunakan oleh situs dengan otoritas tinggi untuk mencegah situs berkualitas rendah mendapatkan otoritas dan muncul di SERP.

Link Do-Follow

Link Do-Follow adalah jenis backlink yang harus menjadi fokus utama dalam strategi pembuatan backlink Anda.

Berbeda dengan No-Follow, link Do-Follow benar-benar menghubungkan satu domain dengan domain lain, mengalirkan otoritas dan relevansi situs tersebut ke halaman yang dirujuk.

Link Root Domain

Link Root Domain merujuk pada jumlah backlink dari satu domain yang diterima oleh situs Anda.

Jadi, tidak peduli berapa banyak backlink Do-Follow yang diterima oleh suatu halaman, jika semuanya berasal dari domain yang sama, link tersebut hanya akan dihitung sebagai satu backlink.

Link root domain penting untuk dipahami agar fokus Anda tidak hanya pada jumlah backlink, tetapi juga pada variasi sumber backlink.

Cara Kerja Backlink

Backlink beroperasi dengan tiga prinsip utama yaitu membangun hubungan antar website, meningkatkan otoritas dan relevansi, dan mendorong peningkatan peringkat di mesin pencari.

Mari kita selami lebih dalam masing-masing prinsip ini:

Membangun Hubungan Antar Website

Bayangkan backlink sebagai jembatan digital yang menghubungkan satu website dengan yang lain.

Jika Website A menciptakan konten dan menyisipkan tautan ke Website B, maka Website B mendapatkan backlink dari Website A.

Ini membentuk hubungan di mana Website A secara efektif menyatakan, “Hey, cek Website B ini. Mereka punya info bagus yang mungkin Anda butuhkan!”

Meningkatkan Otoritas dan Relevansi

Google dan mesin pencari lainnya melihat backlink sebagai tanda otoritas dan relevansi.

Mereka berpikir, “Jika website ini mendapatkan banyak tautan dari situs terpercaya lainnya, mereka pasti punya sesuatu yang berharga untuk ditawarkan.”

Jadi, dalam konteks ini, backlink berfungsi seperti suara persetujuan dari dunia digital.

Mendorong Peningkatan Peringkat di Mesin Pencari

Saat otoritas dan relevansi website Anda meningkat berkat backlink berkualitas, peluang Anda untuk merangkak naik di hasil pencarian mesin pencari juga meningkat.

Ini berarti lebih banyak pengguna internet menemukan Anda, mengarah ke peningkatan traffic ke website Anda.

Untuk memberikan gambaran, bayangkan Anda sedang mencari restoran terbaik di kota.

Anda mungkin akan mencari rekomendasi dari teman atau online.

Jika banyak orang dan sumber online mengarah pada satu restoran, Anda cenderung percaya dan memilihnya.

Dalam konteks ini, rekomendasi tersebut berfungsi seperti backlink, menunjukkan otoritas dan relevansi restoran itu.

Dalam praktik SEO, sangat penting untuk mendapatkan backlink dari sumber yang memenuhi kriteria Experience, Expertise, Authoritativeness, dan Trust (E-E-A-T).

Artinya, sumber backlink harus berpengalaman dan ahli dalam topik yang relevan, memiliki otoritas yang diakui, dan dapat dipercaya oleh pengguna internet.

Dengan mempertimbangkan E-E-A-T dari sumber backlink, Anda bisa membangun reputasi yang kuat dan meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencari.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas (Link Building)

Setelah kita mengupas tuntas tentang backlink, jenisnya, dan dampaknya pada SEO website, saatnya kita berbicara tentang cara mendapatkan backlink berkualitas.

Proses ini sering disebut dengan istilah link building.

Jika istilah Link Building terdengar asing bagi Anda, tidak perlu khawatir. Saya akan membantu Anda memahami apa itu dan bagaimana cara mendapatkannya untuk website Anda. Mari kita dalami lebih lanjut.

Apa Sih Itu Link Building?

Link Building adalah suatu teknik yang digunakan untuk memperoleh backlink yang menuju ke website Anda dari website lain.

Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan relevansi dan otoritas website Anda di hadapan mesin pencari.

Backlink yang Anda dapatkan dari website lain pada dasarnya berfungsi sebagai tanda dukungan atau kepercayaan.

Oleh karena itu, mendapatkan kepercayaan dari banyak website harus menjadi prioritas Anda dalam proses pengumpulan backlink.

Ingat bahwa website tanpa backlink yang menuju kepadanya akan sulit mendapatkan peringkat tinggi. Selain itu, website juga akan kesulitan mendapatkan eksposur, lalu lintas organik, atau bahkan bisa dianggap tidak relevan.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan backlink dari website lain? Apa yang harus kita lakukan agar website lain mau menyertakan link website Anda?

Beberapa strategi berikut ini bisa Anda coba:

Membuat Konten yang Menarik

Strategi pertama untuk mendapatkan backlink berkualitas adalah dengan membuat konten yang menarik dan berkualitas.

Perhatikan website-website yang berada di posisi pertama di Google. Konten mereka biasanya sangat lengkap, informatif, menarik, dan jelas.

Anda bisa menggunakan ini sebagai inspirasi untuk membuat konten di blog Anda sendiri. Dengan demikian, pengunjung akan merujuk konten Anda untuk topik tertentu.

Seiring waktu, semakin banyak orang yang tertarik dan merekomendasikan konten Anda kepada pembaca lain.

Selain berkualitas dan lengkap, konten Anda juga harus membahas topik secara menyeluruh, unik, dan mampu menarik perhatian pembaca.

Anda bisa menambahkan elemen interaktif dengan menanyakan apa yang mereka dapatkan dari konten Anda dan apakah ada pertanyaan atau kritik dan saran.

Manfaatkan blog-blog populer dalam niche yang sama sebagai sumber inspirasi. Amati jenis konten yang mereka bagikan dan identifikasikan topik yang belum terjamah.

Kemudian, cobalah untuk mengisi celah tersebut dengan konten unik dan menarik dari Anda. Anda juga dapat mencari ide dari berbagai sumber di internet dan menambahkan sentuhan pribadi Anda dalam gaya penulisan.

Tapi perhatikan, jangan pernah mencoba untuk menjiplak atau meniru konten dari website lain.

Meskipun Anda dapat menggunakan mereka sebagai referensi untuk ide dan konteks, namun sangat tidak etis untuk menyalin seluruh kalimat atau paragraf.

Selain itu, tindakan ini dapat mengundang sanksi dari Google.

Menulis Guest Post untuk Website Lain

Menyelam ke dunia guest post, atau penulisan artikel tamu di blog lain, dapat menjadi strategi yang luar biasa untuk mendapatkan backlink alami ke situs web Anda.

Memilih untuk berbagi pengetahuan dan keahlian Anda di situs web lain bukan hanya meningkatkan otoritas Anda dalam subjek pilihan, tetapi juga membuka pintu bagi audiens baru yang mungkin belum pernah mendengar tentang situs web Anda sebelumnya.

Guest post biasanya adalah pertukaran antara dua perusahaan dengan kesamaan dalam bisnis.

Mereka saling bertukar konten berkualitas tinggi yang mengedukasi dan memberikan nilai kepada pembaca mereka, masing-masing mengandalkan keahlian khusus mereka.

Seiring dengan manfaat mendapatkan referensi dan backlink untuk situs web Anda, mungkin ada manfaat tambahan dalam membiarkan orang lain menjadi penulis tamu di blog Anda.

Ini adalah peluang untuk berbagi sudut pandang dan pengetahuan baru dengan pembaca Anda.

Tetapi ingat, mendapatkan backlink melalui guest post akan jauh lebih lancar jika situs web atau blog Anda sudah memiliki reputasi yang solid.

Ini akan membuat pihak tamu merasa lebih nyaman untuk bertukar link berkualitas dengan Anda, bahkan jika mereka mungkin belum pernah berinteraksi dengan Anda sebelumnya.

Memasang Iklan di Blog Lain

Anda memiliki opsi untuk menciptakan iklan sebagai metode untuk meraih backlink dari website lain. Namun, ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui sebelum melangkah ke dunia periklanan.

Iklan memiliki ciri khasnya sendiri, biasanya dipenuhi dengan nuansa komersial yang menampilkan produk dan fitur unggulan. Ini jelas berbeda dengan guest post yang cenderung informatif dan edukatif.

Perlu diingat, iklan adalah bagian dari konten berbayar. Artinya, situs dan konten Anda hanya akan muncul di mesin pencari jika Anda memiliki anggaran untuk mendukung strategi link building ini.

Berikan Komentar di Berbagai Blog dan Forum

Bagaimana cara mudah dan cepat mendapatkan backlink?

Cobalah berpartisipasi dalam diskusi di berbagai blog dan forum!

Cukup cari situs yang menyediakan ruang komentar, lalu tunjukkan kehadiran Anda dengan berkontribusi dalam diskusi.

Ingatlah, komentar Anda mungkin harus mendapatkan persetujuan dari pemilik situs sebelum ditampilkan.

Hal ini merupakan langkah yang biasa dilakukan untuk mencegah komentar spam.

Oleh karena itu, berikan komentar yang relevan dan berharga untuk diskusi dan topik yang sedang dibahas.

Sebisa mungkin, hindari menjadi pengunjung yang hanya mengirimkan spam dan tidak berkontribusi pada konten.

Komentar yang berisi link biasanya akan diberi tag “no-follow”, dan seperti yang telah kita bahas sebelumnya, backlink jenis ini tidak akan membantu meningkatkan otoritas halaman tujuan Anda.

Meski begitu, Anda tetap bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mempromosikan blog atau bisnis Anda.

Dengan demikian, Anda dapat memperluas jaringan, menarik lebih banyak pengunjung, dan pada akhirnya, meningkatkan otoritas Anda.

Aktif di Media Sosial

Media sosial memegang peran penting dalam membentuk personal branding dan otoritas online Anda.

Jadi, tidak ada salahnya untuk mulai menciptakan ruang atau komunitas khusus untuk blog atau brand Anda di berbagai platform media sosial.

Sebagai catatan, memiliki ruang di media sosial bukanlah akhir dari segalanya. Anda perlu terlibat secara aktif dengan pengunjung dan pelanggan Anda.

Caranya bisa melalui berbagai cara, seperti menjawab pertanyaan, berinteraksi melalui komentar, hingga memposting pertanyaan atau konten yang menarik setiap hari.

Walaupun mayoritas link yang dipublikasikan di media sosial memiliki label “no-follow”, media sosial tetap memiliki peran penting dalam membantu penyebaran link website Anda secara organik.

Anda bisa melakukannya setelah memposting konten baru, atau saat ada berita terbaru seputar toko online Anda.

Tool Terbaik untuk Mendapatkan Backlink

Siap untuk menyederhanakan proses link building yang rumit ini? Mari kita bahas beberapa tool yang bisa melakukan itu untuk Anda, sekaligus membantu Anda meraih backlink berkualitas tinggi.

Tool-tool ini bukan hanya alat bantu. Mereka adalah teman digital Anda yang memberikan akses ke informasi dan data yang lengkap.

Dengan bantuan mereka, Anda bisa mengidentifikasi berbagai elemen yang akan membawa Anda meraih kesuksesan di dunia digital.

Ahrefs

Ahrefs adalah alat SEO yang memberikan informasi detil tentang backlink website Anda. Dengan Ahrefs, Anda dapat memantau jumlah domain yang merujuk ke website Anda, tren backlink, dan estimasi lalu lintas organik per bulan.

Halaman beranda Ahrefs
Sumber Gambar: Ahrefs

Untuk menggunakannya, masukkan domain Anda dan Ahrefs akan menganalisa dan mengelompokkan metrik yang berhubungan dengan link Anda.

Sebagai ilustrasi, Wikipedia Indonesia memiliki URL Rating (UR) 47 dan Domain Rating (DR) 92, dengan 109 juta backlink dan lebih dari 460 ribu domain eksternal yang merujuk ke situs mereka.

Analisis Wikipedia Indonesia menggunakan Ahrefs
Sumber Gambar: Hostinger

UR dan DR adalah metrik yang menunjukkan kekuatan backlink suatu URL dan domain secara keseluruhan.

Nilai UR dan DR berada di rentang 0-100, dimana angka yang lebih tinggi menunjukkan peringkat yang lebih baik di Ahrefs dan otoritas yang lebih kuat di Google Search.

Ahrefs juga bisa digunakan untuk menemukan domain berkualitas tinggi yang bisa diajak berkolaborasi untuk mendapatkan backlink.

Backlink dari domain dengan skor tinggi ini dapat membantu meningkatkan peringkat website Anda di hasil pencarian.

Google Alerts

Google Alerts adalah alat yang memantau internet dan memberi tahu Anda bila topik atau bisnis anda disebutkan online.

Website Google Alerts
Sumber Gambar: Google Alerts

Sebagai contoh, jika Anda menjalankan bisnis sepatu online, Anda dapat mengatur Google Alerts dengan kata kunci nama bisnis Anda. Ketika kata kunci tersebut muncul dalam konten baru, Anda akan diberitahu.

Untuk menggunakan Google Alerts, masuk ke akun Google Anda dan tentukan kata kunci yang ingin dipantau. Anda juga dapat menyesuaikan frekuensi dan jenis notifikasi yang Anda inginkan.

Perlu diingat, Google Alerts bukan alat untuk mendapatkan backlink. Namun, alat ini dapat membantu Anda menemukan peluang untuk mendapatkan backlink.

Misalnya, jika Anda menemukan konten yang berhubungan dengan bisnis Anda tetapi belum menautkan ke situs Anda, Anda dapat meminta penulis atau pemilik situs untuk menambahkan link Anda.

Pitchbox

Pitchbox adalah alat yang membantu dalam link building. Meski tidak langsung memberi backlink, Pitchbox efektif dalam merencanakan pengiriman email otomatis untuk negosiasi dengan website lain.

Analisis Backlink dengan Pitchbox
Sumber Gambar: Pitchbox

Pitchbox memungkinkan Anda membangun hubungan dengan website lain dan mengetahui siapa yang tertarik pada konten Anda. Anda bisa bertukar konten tamu atau menerima iklan yang mempromosikan produk atau bisnis Anda.

Pitchbox juga dapat memantau link mana saja yang setuju berpartner dengan Anda. Selain itu, Pitchbox dapat menambahkan daftar kontak kustom atau mencari kontak melalui kolom pencarian dengan kata kunci bisnis.

Link Monitoring Pitchbox

Pitchbox bukan alat untuk riset lengkap tentang profil backlink website atau menjelaskan otoritas dan lalu lintas organiknya.

Namun, Pitchbox sangat berguna untuk merencanakan dan mengotomatiskan pengiriman email, yang dapat membantu mendapatkan backlink berkualitas.

Jika menemukan backlink yang tidak merujuk ke blog Anda, cukup hubungi website tersebut dan minta mereka memperbaiki linknya. Dengan Pitchbox, proses ini menjadi lebih mudah dan efisien.

Kesimpulannya, Backlink Adalah…

Backlink memiliki peran krusial dalam menaikkan peringkat website Anda pada hasil pencarian mesin pencari seperti Google.

Dalam artikel ini, kita telah menyelami berbagai dimensi tentang backlink, mulai dari apa itu, jenis-jenisnya, dampaknya pada SEO, hingga strategi mendapatkannya.

Arti lain dari backlink yaitu tautan yang tertanam dalam konten atau halaman website, yang berfungsi sebagai jembatan digital yang mengarahkan pengguna ke sumber atau website lain yang relevan.

Baik itu dalam domain yang sama atau berbeda, backlink berperan sebagai salah satu faktor penentu posisi website di mesin pencari.

Meraih backlink berkualitas adalah langkah krusial jika Anda berambisi website, blog, atau toko online Anda menduduki posisi teratas di mesin pencari semacam Google.

Proses mendapatkan backlink mungkin terlihat kompleks dan hasilnya tak langsung terlihat, tapi percayalah, usaha Anda akan berbuah manis.

Kami berharap artikel ini telah membantu Anda memahami lebih mendalam tentang backlink dan strategi mendapatkannya untuk meningkatkan posisi website Anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar di bawah ini!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
ABOUT AUTHOR

Satu SEO

Kami menyediakan jasa SEO terbaik dengan cepat dan bergaransi

FOLLOW US ON
Facebook
Pinterest
WhatsApp
LinkedIn
Twitter